Desa Wisata Nglanggeran Menuju Best Tourism Villages UNWTO - Warta Jogja

Desa Wisata Nglanggeran Menuju Best Tourism Villages UNWTO

355 0
Bagikan

Wartajogja.co.id || Gunungkidul — United Nations World Tourism Organization (UNWTO)  dalam upaya mengembangkan Pariwisata Hijau melalui Sustainable Tourism Through Energy Efficiency With Adaptation And Mitigation Measures (STREAM) di Pangandaran. Tujuan utama UNWTO adalah untuk meningkatkan dan membangun pariwisata sebagai kontributor untuk pembangunan ekonomi, saling pengertian internasional, perdamaian, kemakmuran universal, HAM dan kebebasan dasar untuk semua tanpa memandang perbedaan ras, jenis kelamin, bahasa dan agama. (01/11/21)

Sugeng Handoko selaku pengelola wisata Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta mengatakan UNWTO menyelenggarakan program Best Tourism Villages yang menawarkan negara-negara anggotanya untuk berpartisipasi dan mengirimkan aplikasi maksimal 3 desa wisata tahun ini. Salah satu Desa wisata yang terpilih adalah Desa wisata Nglanggeran.

” Selain tersertifikasi sebagai desa wisata yang berkelanjutan di Tahun 2020 dari kemeparekraf , Desa wisata Nglanggeran sudah memiliki capaian pada tingkat internasional diantaranya ASEAN Sustainable Tourism Award 2018, ASEAN Tourism villag terbaik tahun 2017 dengan konsep Community Basic Tourism bahkan atraksi Gunung api purba Nglanggeran mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Geosite Gunung Sewu “, jelas Sugeng Handoko.

Program ini diperuntukkan bagi desa wisata yang berkomitmen terhadap visi pariwisata inklusif dan berkelanjutan, perlindungan terhadap alam dan budaya, inovasi dan kewirausahaan, pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan masyarakat dan pengunjung, hingga nilai kelokalan seperti gastronomi dan kerajinan lokal.

Desa wisata yang lolos seleksi dan evaluasi UNWTO akan memperoleh UNWTO Best Tourism Villages Label, dimana desa wisata bisa mendapatkan pengakuan internasional sebagai suatu contoh praktik terbaik destinasi wisata pedesaan. Desa wisata yang tidak lolos kategori Label ini juga tidak perlu berkecil hati, karena akan dipilih UNWTO untuk masuk dalam UNWTO Best Tourism Villages Update Programme.

Harapannya Desa Wisata Nglanggeran semakin memberikan manfaat bagi masyarakat. Mengangkat nama baik Gunungkidul, Jogja dan Indonesia pada umumnya.

Red ( Whyoe )
Sumber : Sugeng Handoko

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *