Warga Antusias Ikuti Pelatihan Pemulasaraan Jenazah yang Diselenggarakan Pemeritah Kalurahan Karangtengah - Warta Jogja

Warga Antusias Ikuti Pelatihan Pemulasaraan Jenazah yang Diselenggarakan Pemeritah Kalurahan Karangtengah

217 0
Bagikan

WartaJogja.co.id||GUNUNGKIDUL–Pemerintah Kalurahan Karangtengah, Kapanewon Wonosari menyelenggarakan pelatihan pemulasaraan jenazah di pendopo balai kalurahan, Jum’at (28/05/2021).

Acara ini dihadiri oleh Panewu Wonosari, Drs.Siswanto, Lurah Karangtengah, H.Siswanto Anwar, Perwakilan BPBD Gunungkidul, PMI Gunungkidul, Lembaga Kalurahan, Rois, dan warga masyarakat.

Dalam sambutannya, Lurah Karangtengah, H.Siswanto Anwar menjelaskan pentingnya kegiatan ini dilakukan guna membantu Satuan Tugas ( Satgas ) di Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) mikro tingkat kalurahan sebagai upaya menanggulangi virus covid-19 yang sudah banyak menyebabkan korban meninggal dunia.

” Kegiatan semacam ini sangat penting, karena Posko PPKM mikro tingkat kalurahan diberikan kewenangan untuk melakukan pemulasaraan jenazah terpapar covid-19 sesuai prosedur protokoler kesehatan, jadi selaku pemerintah kalurahan, saya himbau kepada masyarakat memperhatikan secara seksama prosedur dan teknis sesuai arahan yang diberikan”,urainya.

Kegiatan ini dipandu oleh BPBD Gunungkidul, PMI dan Puskesmas II Wonosari.

Sementara itu, Arif sebagai Kepala Puskesmas II Wonosari dalam keterangannya menyebutkan bahwa dalam pemulasaraan jenazah yang terkonfirmasi virus covid-19, sangat perlu diperhatikan tentang keamanan dan standar perlengkapan alat pelindung diri, seperti masker, hazmat, sarung tangan dan lainnya.

” Kita wajib memperhatikan APD yang akan kita pakai, jangan menganggap sepele karena yang kita hadapi ini adalah virus yang sangat berbahaya”, terang Arif.

Warga Kalurahan Karangtengah secara seksama dan khidmat mengikuti prosesi kegiatan yang dipandu BPBD dan relawan PMI Kabupaten Gunungkidul.

” Harapan kami dengan adanya pelatihan semacam ini, masyarakat tidak lagi beranggapan bahwa dalam pemulasaraan jenazah terpapar covid-19 bukan hanya tugas relawan kabupaten saja, namun masyarakat juga mempunyai tanggungjawab dan harus mampu melakukannya dengan memperhatikan teknisnya secara benar “, tutup Lurah Karangtengah usai kegiatan.

 

Redaksi ( Yudhi )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *