Tips Bagi Ibu Terinfeksi Covid-19 Agar Tetap Bisa Menyusui Bayinya - Warta Jogja

Tips Bagi Ibu Terinfeksi Covid-19 Agar Tetap Bisa Menyusui Bayinya

193 0
Bagikan

WartaJogja.co.id || WARTAPEDIA— Wabah pandemi Covid-19 akhir-akhir ini mengalami kenaikan signifikan, siapa saja bisa terpapar hingga terinfeksi, termasuk ibu yang baru melahirkan atau ibu yang masih menyusui bayi.

Jika Ibu yang dinyatakan positif  covid 19 ternyata masih bisa memberi ASI kepada buah hatinya.

Baca juga : Mayat Depan RSUD diketahui Warga Getas Playen

Namun yang perlu diperhatikan adalah saat memberikan ASI, Ibu tetap wajib melakukan protokol kesehatan secara lebih ketat dan tidak sedang mengalami gejala berat sehingga pemberian ASI masih bisa dilakukan secara langsung.

Jika seorang ibu tersebut merasa dirinya lemah dan tidak kuat untuk menyusui secara langsung, maka bayi masih bisa diberikan ASIP ( Asi Perah) yang diberikan oleh anggota keluarga yang lain.

Dalam pemberian ASIP ini, yang harus dicermati adalah kualitas ASI perah serta penyimpanan harus dipastikan di tempat yang higienis dan aman.

ASIP ditempatkan sebuah wadah yang tertutup, kemudian dimasukkan ke sebuah lemari pendingin dengan suhu kisaran 4 derajat sampai dengan 5 derajat Celcius agar ASIP tersebut tetap baik secara kualitas untuk diberikan kepada buah hati.

Selain penerapan protokoler kesehatan secara ketat, memakai masker, membersihkan dan mendisfeksi permukaan benda yang disentuh ibu dan bayi,  dukungan dari keluarga menjadi pendorong yang sangat penting bagi ibu yang sedang terpapar covid 19 guna mengembalikan semangat dan peningkatan imun tubuh bagi sang ibu.

Tumbuh kembang anak tetap harus diperhatikan meskipun dalam suasana pandemi covid 19, ASI adalah salah satu penunjang untuk kebutuhan permakanan bagi bayi.

( Redaksi )

Sumber : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *