Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Gunungkidul Gelar Pelatihan Pemandu Susur Gua - Warta Jogja

Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Gunungkidul Gelar Pelatihan Pemandu Susur Gua

91 0

Wartajogja.co.id || Gunungkidul — Kabupaten Gunungkidul dianugerahi dengan kekayaan wisata alam yang beragam, salah satunya adalah wisata susur gua. Banyak wisatawan yang rela datang dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara untuk dapat merasakan sensasi susur gua. Untuk mendukung peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang mengelola kawasan wisata susur gua, Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul mengadakan kegiatan pelatihan kepemanduan wisata susur gua atau caving  kepada para pelaku usaha jasa pariwisata di Kimaya Hotel Yogyakarta. Pelatihan ini bersumber pada anggaran Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK-NF) Pelayanan Kepariwisataan Kemenparekraf RI. (19/09/23)

 

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata Dispar Gunungkidul, Hari Susanto, ST, M.Eng. Dispar mengumpulkan sejumlah 40 orang yang berasal dari seluruh Kapanewon yang terdiri dari pemandu gua, pengelola desa wisata, pengelola pokdarwis serta pemandu outbond. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni tanggal 18, 19, 20 September 2023, dengan komposisi materi materi 37,50%, diskusi dan kerja kelompok 12,50 persen, dan 50 persek praktek kepemanduan gua.

 

“Materi pelatihan terdiri dari persiapan dan pelaksanaan susur gua, informasi tentang gua dan lingkungannya, termasuk pengelolaan keamanan dan keselamatan susur gua, intrepretasi dalam kepemanduan gua, serta penyelengaraan kegiatan wisata gua dalam hal pelayanan prima, serta diakhiri dengan praktek pemanduan gua,” beber Hari.

 

Sisi story telling juga perlu ditonjolkan dalam hal kepemanduan. Dengan pelatihan ini diharapkan pemandu tetap mengutamakan aspek keselamatan wisatawan dan juga konservasi lingkungan. Sementara output pelatihan yang dicapai adalah para peserta mengetahui Standar Keselamatan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dalam melaksanakan kegiatan kepemanduan.

Purwanto, salah satu peserta dari Kapanewon Gedangsari, menyampaikan merasa senang dengan pelatihan ini. Karena di desa Hargomulyo baru akan merintis wisata gua dan tahun depan semoga bisa dibuka dengan bekal pelatihan ini.

 

Red ( Whyoe )



Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *