Tingkatkan SDM di Bidang Kepemanduan, DISPAR Gunungkidul Gandeng Pemandu Wisata Gelar Pelatihan Pemandu Geowisata - Warta Jogja

Tingkatkan SDM di Bidang Kepemanduan, DISPAR Gunungkidul Gandeng Pemandu Wisata Gelar Pelatihan Pemandu Geowisata

307 0
Bagikan

Wartajogja.co.id || Gunungkidul — Dinas Pariwisata Gunungkidul laksanakan pelatihan pemandu geowisata selama tiga hari terhitunga dari tanggal 25 Oktober sampai 27 Oktober 2021 di Hotel Phonik Jogjakarta. Kegiatan tersebut berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi para pemandu wisata yang ada di Gunungkidul yang terfokus pada pemandu Geowisata. (25/10/21)

Kegiatan dibuka oleh Hari Sukmono selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada semua peserta untuk bisa mengikuti kegiatan pelatihan pemandu Geowisata dengan tujuan materi yang disampaikan sebagai bahan memandu para wisatawan yang datang ke Gunungkidul serta para wisatawan tahu akan sejarah terjadinya Gunungkidul dari sudut pandang Geologinya.Para Pelaku wisata harus sebisa mungkin untuk menjual tempat- tempat wisata tanpa mengurangi keutuhan alamnya dan tidak merusak apa yang ada di alam tersebut.

” indikator Pariwisata yang harus terpenuhi ada empat aspek meliputi jumlah kunjungan, belanja wisatawan, lama kunjungan wisatawan dan wisatawan bisa kembali lagi ke tempat- tempat wisata yang ada di Gunungkidul “, terangnya.

Dalam pelatihan ini Dinas pariwisata Gunungkidul menghadirkan narasumber – narasumber yang berkompeten di bidangnya salah satunya adalah Budi Martono selaku GM Geopark Gunung sewu, hadir pula pemateri dari Dosen UPN Prasayo juga Sri Mulyani yang akan memberikan Materi tentang kegunung Apian.

Harapannya dari kegiatan yang dilaksanakan ini supaya para pemandu wisata khususnya pemandu Geowisata bisa meningkatkan Skill dalam memandu yakni dengan materi- materi yang sudah didapat selama mengikuti pelatihan pemandu wisata di bidang Geologi serta para wisatawan tahu akan sejarah terjadinya Gunungkidul dari versi Geologinya.

Red ( cak Rony )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *