Tiga Hari Memasuki Masa Tenang, Bawaslu Gunungkidul Rampungkan Pembersihan APK - Warta Jogja

Tiga Hari Memasuki Masa Tenang, Bawaslu Gunungkidul Rampungkan Pembersihan APK

35 0

WartaJogja.co.id || Gunungkidul — Memasuki hari ke-3 masa tenang menjelang pemilu,Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul telah merampungkan pembersihan Alat Peraga Kampanye ( APK ) di seluruh wilayah Gunungkidul.

Dalam keterangan tertulisnya Ketua Bawaslu Kabupaten Gunungkidul, Andang Nugroho mengatakan jika pembersihan APK sudah sesuai waktu yang telah ditargetkan. Sebanyak 27.128 APK dari berbagai jenis telah dibersihkan.

” Kita gerak mulai hari minggu, dimana hari tersebit merupakan hari pertama masa tenang, ahamdulillah atas kerjasama dari semua pihak, pembersihan apk berjalan lancar “,ungkap Andang Nugroho, Selasa (13/2/2024).

Dari akumulasi jumlah apk yang disampaikan yakni reklame sebanyak 15, Baliho 2496. Banner 2453, umbul-umbul 297, Rontek 12349, Bendera 8385, serta bahan kampanye yang lain 1133. Untuk APK hasil pembersihan terkumpul di setiap Kapanewon, sedangkan APK berupa bendera ditempatkan di setiap sekretariat Panwascam masing-masing wilayah.

Pembersihan dilakukan serentak mulai tanggal 11 Februari 2024 sampai tanggal 13 Februari 2024 dengan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunungkidul, Pengawas Tempat Pemungutan Suara ( PTPS ), KPPS dan Panwascam setiap wilayah Kapanewon di Gunungkidul.

Disinggung mengenai peran dari para pemangku kepentingan dari masing-masing peserta pemilu, baik dari tim Calon Legislatif, Partai Politik maupun Tim Pemenangan Capres/Cawapres, Andang menuturkan turut kooperatif dengan memberaihkan sendiri APK yang telah meraka pasang sesuai koordinator di titik masing-masing.

” Sebelumnya kita juga memberikan permberitahuan terhadap yang berkepentingan, meskipun kami tegas dalam melakukan penindakan namun sisi humanis tetap kita kedepankan, cara ini ternyata berhasil sehingga secara kooperatif sebagian peserta pemilu membantu membersihkan apk miliknya “, jelasnya.

Lebih lanjut Andang Nugroho menghimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah agar pemilu 2024 yang tinggal satu hari lagi ini bisa berjalan aman, lancar, Luber dan jurdil khususnya di Gunungkidul umumnya untuk Indonesia.

” Mari dalam momentum pemilu ini saya mengajak kepada segenap lapisan masyarakat untuk tetap menjaga suasana tetap kondusif agar pesta pemilu ini bisa sukses sesuai dengan harapan kita semua, laporkan kepada kami jika menemukan praktek-praktek kecurangan yang bisa mempengaruhi demokrasi “, tutupnya.

 

( Red/Whyoe )


Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *