Tampil dengan Seni Remeh Temeh ; Christian Cahya Nugraha Mengemas Karyanya dengan Judul " Wes Ono Wayahe " - Warta Jogja

Tampil dengan Seni Remeh Temeh ; Christian Cahya Nugraha Mengemas Karyanya dengan Judul ” Wes Ono Wayahe “

429 0
Bagikan

Wartajogja.co.id || Bantul — Pameran seni rupa yang digelar oleh Abdw Project selama seminggu kedepan merupakan kegiatan dalam rangka menjelang akhir tahun 2021 menuju pameran bersama, menyusun rencana dan sepakat atas nama pameran seni rupa  MULO – Permulaan. Salah satu pelaku seni rupa yang mengangkat judul ” Wes Ono Wayahe ” menceritakan tentang maraknya bunuh diri di wilayah Kabupaten Gununugkidul. ( 12/12/21)

Christian Cahya Nugraha atau akrab disapa Mas Lembu mempersembahkan karya dengan judul ” Wes Ono Wayahe ” . Lembu menceritakan ketertarikannya dengan seni yang sering disebut (seni remeh-temeh) karena karya ini membicarakan soal peristiwa yang untik,aneh,magis, dan perlu riset yang lama. Dimana opini publik melihat Gunungkidul selalu tinggi tingkat bunuh diri khususnya gantung diri. Pada waktu itu ad sebuah tempat yang namanya Goa Nginggrong merupakan sebuah goa besar seperti jurang dengan kedalaman -+100 m, tempat tersebut sering digunakan untuk melakukan bunuh diri dengan terjun bebas langsung kebawah dan  menariknya siapapun yang mencoba untuk bunuh diri di tempat tersebut selalu gagal dan tetap masih hidup walaupun sudah berbagai cara untuk terjun tetapi tidak akan pernah bisa mati kemungkinan hanya lecer sedikit atau memar.

” Untuk karya saat ini saya tetap hadirkan ciri khas objek yang sering saya gunakan dan peristiwa itu saya narasikan dengan jenaka walaupun sebenarnya itu adalah sebuah masalah sosial yang besar dan njlimet ruwet makanya saya beranggapan melalui prespektif saya yang lebih jenaka menurutku itu lebih menarik dan ringan untuk dipahami “, jelasnya.

Baca juga : Gelar Pameran NgGunungkidulan, 14 Seniman Gunungkidul Ramaikan Akhir Tahun dengan Karya

Lembu menambahkan pada prosesnya pun sangat menarik dengan bertemu narasumber dan warga sekitar terjadilah ramah tamah duduk bersama dan bercerita bercanda soal peristiwa peritiwa yang terjadi dan pasti warga tersebut menyaksikannya langsung. Jadi , untuk memulai segala sesuatu tidak hanya yang terlihat dan merasakan saja tetap harus ada interaksi langsung untuk menyikapi segala sesuatunya sebelum berbicara.

Red ( Whyoe )
CHRISTIAN CAHYA NUGRAHA (lembu)
Judul : WES ONO WAYAHE
Media : Mix media
Dimensi : 200 X 150 cm
Tahun : 2022

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *