Tak Kuat Melewati Tanjakan Pok Cucak, Bus Pariwisata Terguling - Warta Jogja

Tak Kuat Melewati Tanjakan Pok Cucak, Bus Pariwisata Terguling

307 0
Bagikan

WartaJogja.co.id || GUNUNGKIDUL– Kecelakaan tunggal dialami sebuah Bus Pariwisata yang membawa rombongan di ruas Jalan Semanu-Bedoyo tepatnya di tanjakan pokcucak, Padukuhan Asemlulang, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Ponjong, Sabtu ( 08/01/2022 ) sekira pukul 11.30 WIB.

Kapolsek Ponjong, Kompol. Basuki Triyono dalam keterangannya menyampaikan kronologi kejadian menyebutkan awalnya bus pariwisata dengan nomor G 7002 OJ dikemudikan oleh Dwi Anis Mardiansyah  (31) warga Dusun Blendung, Rt 01/01, Blendung, Purwodadi, Jawa Tengah, dengan membawa rombongan melaju dari arah barat ( Semanu ) menuju ke timur ( Bedoyo ). Sesampainya di lokasi, saat melewati tanjakan tiba-tiba mesin bus mendadak mati.

” Dugaan sementara, bus tak kuat menanjak saat melewati tanjakan pokcucak sehingga bus berjalan mundur,karena kondisi panik pengemudi berusaha mengendalikan laju kendaraannya dengan cara membanting stir ke arah kanan, mengakibatkan bus tersebut menabrak tebing di sisi kanan dan akhirnya terguling di badan jalan “, kata Basuki Triyono.

Bus pariwisata tersebut hendak menuju Pantai Klayar, Pacitan dengan membawa 32 penumpang.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, 8 penumpang mengalami luka-luka  sehingga harus dilarikan di RS.Pelita Husada, Mijahan .

Lebih lanjut Basuki Triyono menghimbau kepada para pengendara terutama kendaraan bermuatan berat hendaklah lebih waspada, selain curam tanjakan tersebut terbilang panjang sehingga sering terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan terguling karena tidak mampu menanjak ataupun melewati turunan tersebut.

” Kami menghimbau kepada para pengemudi yang membawa kendaraan dengan sarat mutan berat agar lebih waspada saat melewati tanjakan ini, karena sering terjadi kecelakaan saat akan menanjak ataupun melewati turunan di lokasi ini ( pokcucak ) “, pungkasnya.

Redaksi ( Yudhi ).

 

 

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *