Tak Hanya Menarik Minat Baca Masyarakat, Perpusdes " Cemerlang" Kalurahan Ngawu Menjadi Sahabat Belajar Anak - Warta Jogja

Tak Hanya Menarik Minat Baca Masyarakat, Perpusdes ” Cemerlang” Kalurahan Ngawu Menjadi Sahabat Belajar Anak

425 0
Bagikan

WARTA JOGJA || GUNUNGKIDUL– Di tengah masa Pandemi Covid 19 yang hampir memasuki 9 bulan lamanya, sempat membuat tatanan kehidupan di berbagai bidang mengalami perubahan kebiasaan.

Salah satunya adalah dunia pendidikan, dari diberlakukannya BDR (Belajar Dari Rumah), Daring, hingga harus bergantian shift untuk belajar secara tatap muka terpaksa harus dialami oleh siswa maupun guru di sekolah masing-masing,tentunya menghambat proses belajar mengajar sehingga jauh dari kata maksimal.

Keperihatinan akan kondisi ini, Salwa (23) selaku pengelola perpusdes (Perpustakaan Desa) Cemerlang, Kalurahan Ngawu, Kapanewon Playen ini bersama rekan-rekannya dengan gigih memberikan edukasi dan pemahaman terhadap warga Kalurahan Ngawu, khususnya pelajar untuk meningkatkan minat baca buku yang tersedia di Perpusdes yang ia kelola.

“Kami terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan minat baca di Perpusdes Kalurahan Ngawu. Selain fasilitas penunjang yg diupayakan pemerintah kaluahan seperti wifi, taman bacaan dan ruang perpustakaan, buku disini terbilang lengkap sehingga kami mendapat predikat juara I lomba perpusdes tingkat Kabupaten tahun 2019 “,urai Salwa disela-sela kegiatannya mengelola perpustakaan desa, Jum’at (20/11/2020).

Upaya mensosialisasikan melalui edukasi ini mendapat respon positif masyarakat Kalurahan Ngawu, nampak terlihat selama pandemi ini anak-anak usia sekolah hampir setiap hari mengisi waktu luangnya untuk membaca buku di perpusdes.

“Alhamdulillah sedikit demi sedikit minat baca dari kalangan pelajar mulai meningka, mulai kita jadwalkan dalam seminggu tiga kali, mulai dari membaca bahkan berkembang menjadi belajar kelompok dan berdiskusi tentang kesulitan pelajaran di sekolah tatkala para siswa ini diberikan tugas oleh sekolah masing-masing”,imbuh Salwa.

Ditambahkan Lurah Ngawu, Wibowo Dwi Jatmiko mengatakan pencapaian predikat juara I Perpusdes Kalurahan Ngawu ini tak lepas dari kerjasama semua pihak, Karangtaruna Kalurahan, masyarakat dan juga pemerintah dalam memberikan arahan agar perpusdes ini semakin berkembang.

“Prestasi bagi kami bukan hal yang penting, namun bagi kami animo masyarakat akan arti penting dan semakin tingginya minat membaca membuat motivasi kami dalam melengkapi fasilitas perpusdes ini menjadi prioritas, dengan kenaikan akreditasi perpusdes ini nantinya diharapkan masyarakat kalurahan Ngawu mencintai minat dari membaca itu sendiri, karena pada dasarnya membaca buku dibandingkan membaca sesuatu dari media gadget atau hp itu cenderung berbeda”,terang Wibowo Dwi Jatmiko.

Kedepan pemerintah Kalurahan Ngawu beserta pengelola perpusdes Cemerlang ini berharap tidak hanya dikunjungi kalangan pelajar saja, namun mulai dari anak usia dini sampai dengan dewasa nantinya berkenan mengunjungi perpusdes tersebut, sehingga manfaat dari membaca itu sendiri mampu membuka wawasan masyarakat terhadap pengetahuan secara luas.

Suasana ruang perpusdes kalurahan Ngawu yang dilengkapi dengan komputer

Redaksi

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *