Siap Beraksi di Malam Pergantian Tahun, Komplotan Copet Lintas Provinsi Digulung Satreskrim Polresta Yogyakarta - Warta Jogja

Siap Beraksi di Malam Pergantian Tahun, Komplotan Copet Lintas Provinsi Digulung Satreskrim Polresta Yogyakarta

79 0

WartaJogja.co.id || Yogyakarta–Upaya antisipasi terhadap potensi aksi kejahatan menjelang malam Tahun Baru di Kota Jogja terus digencarkan pihak Polresta Yogyakarta, setelah berhasil mengungkap komplotan pencopet lintas provinsi yang sedianya akan beraksi di malam pergantian tahun dengan menyasar kerumunan di tempat-tempat wisata Kota Jogja.

Hal ini disampaikan oleh Kasatreskrim Polresta Yogyakarta, AKP MP Probo Satrio saat ungkap kasus di Mapolresta Yogyakarta, Kamis (28/12/2023).

” Komplotan ini berhasil diungkap setelah anggota kawanan  yang beranggotakan 5 orang dari berbagai kota dan provinsi ini melakukan aksinya kepada salah satu pengunjung Miniso Mall Malioboro yang menjadi korbannya “, terang Probo Satrio.

Dari pengembangan informasi menyebutkan, kawanan pencopet ini rencananya akan melancarkan aksinya di sejumlah titik kawasan Malioboro dengan memanfaatkan momentum keramaian pengunjung.

Polisi berhasil mengidentifikasi kelima kawanan pencopet tersebut diantaranya FES ( Perempuan asal Jakarta ), MY ( laki-laki asal Palembang ), AB ( perempuan asal Tangerang ), TK ( perempuan, Karawang ), dan DI ( laki-laki, Bengkulu ).

” Berdasarkan informasi dari scurity Mall serta korban terkait kasus sebelumnya, kami berhasil membongkar komplotan ini, dan mereka ini masih aktif dalam aksinya di beberapa kota lintas provinsi “, jelasnya.

Tim opsnal Polresta Yogyakarta berhasil menyita sejumlah barang bukti dari tangan para pelaku, rekaman CCTV, dusbook hp milik korban, pakaian pelaku saat beraksi serta 1 gulung alumunium foil yang digunakan saat beraksi untuk membungkus hp hasil dari aksi kejahatan agar hp tersebut kehilangan sinyal dan tidak dapat dihubungi

” Para pelaku ini sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk merencanakan aksinya di malam tahun Baru dengan mengontrak rumah di wilayah Pleret, Bantul “, sambung Probo Satrio.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

 

( Red/Yudhi )


Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *