Sebabkan Kerumunan Massa Hingga Berjubel, Pelaksanaan Vaksinasi Di GOR Siyono Dihentikan - Warta Jogja

Sebabkan Kerumunan Massa Hingga Berjubel, Pelaksanaan Vaksinasi Di GOR Siyono Dihentikan

145 0
Bagikan

WartaJogja.co.id||GUNUNGKIDUL–Pemandangan tidak lazim terlihat di Kompleks Gedung Olahraga (GOR) Siyono, Kapanewon Playen, Sabtu (26/06/2021). Ribuan masyarakat berkerumun di lokasi tersebut saat pelaksanaan kegiatan vaksinasi dalam rangka memperingati Hari Jadi Bhayangkara ke-75 yang diselenggarakan oleh Polres Gunungkidul.

Hal ini dikhawatirkan akan memunculkan klaster baru penyebaran virus covid-19 saat terlihat ribuan masyarakat yang hadir di luar perkiraan panitia, meskipun secara keseluruhan memakai masker.

Tentu saja kegiatan ini menuai kritikan dari berbagai pihak. Sebagian besar mempertanyakan pemberlakuan aturan termasuk pelarangan salah satunya kegiatan bersifat massal diperuntukkan kepada siapa.

Salah satunya ED (37) warga Kapanewon Patuk, mempertanyakan terkait kegiatan yang menimbulkan ribuan masyarakat mengantri untuk mendapatkan vaksin terkesan tebang pilih, disaat pemerintah menggaungkan pembatasan sampai pelarangan kegiatan yang menyebabkan kerumunan dalam upaya pencegahan penularan virus covid-19 khususnya di Kabupaten Gunungkidul.

” Penerapan aturan guna menghindari penyebaran covid-19 salah satunya adalah meniadakan kegiatan yang bersifat massal ini diperuntukkan ke siapa? dalam hal ini masyarakat berusaha taat terhadap aturan, namun disisi lain, pemangku kebijakan sendirilah yang melanggar seperti kejadian di GOR Siyono siang tadi”, terangnya.

Menanggapi hal ini, Kapolres Gunungkidul, AKBP Aditya Galayudha melalui Kassubag Humas, Iptu Suryanto menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut, pihaknya mengatakan terkait antusiasme masyarakat yang mengikuti kegiatan vaksinasi di luar perkiraan.

” Kami menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya yang sudah hadir namun belum mendapatkan vaksinasi, serta kepada semua pihak, dikarenakan dalam kegiatan telah menimbulkan kerumunan, itu di luar perkiraan panitia”, urainya.

Dalam keterangannya Iptu Suryanto mengatakan bahwa dari perencanaan awal, seperti tempat yang lain terdapat kurang dari 500 dosis yang mendaftar. Sementara untuk GOR Siyono yang tadinya hanya mendapat 500 dosis, karena begitu banyaknya mayarakat yang mengikuti kegiatan vaksinasi, akhirnya ada penambahan tiga kali lipat menjadi 1500 dosis.

” Kami sudah antisipasi kerumunan ini sejak awal, salah satunya pendaftaran melalui Bhabinkamtibmas di masing-masing kalurahan agar bisa mengetahui jumlah masyarakat secara pasti yang akan divaksinasi”, sambungnya.

Sebanyak 1.432 orang yang hadir dalam kegiatan ini, sementara yang tervaksin mencapai 1.387 orang dan 45 orang tertunda karena pihak panitia terpaksa harus menutup kegiatan karena semakin banyaknya masyarakat yang hadir untuk daftar vaksinasi.

Disinggung mengenai potensi terjadinya klaster baru, Iptu Suryanto berharap tidak ada penyebaran virus yang muncul saat pelaksanaan vaksinasi di GOR Siyono.

” Tujuannya adalah sebagai upaya mendukung  program pemerintah, harapannya jangan sampai terjadi penularan disini,  bagi masyarakat yang belum tervaksin, kami melakukan penjadwalan ulang dan informasi lanjutan akan disampaikan beberapa hari ke depan”, tutup Iptu Suryanto.

Kegiatan akhirnya dibubarkan, karena mulai mengabaikan protokol kesehatan karena menumpuknya antrian masyarakat guna mendapatkan layanan vaksinasi.

(Redaksi)

 

 

 

 

 

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *