Salah Satu Alternatif Pakan Ternak Tatkala Musim Kemarau Tiba, Kini Polar Alami Kelangkaan di Pasaran - Warta Jogja

Salah Satu Alternatif Pakan Ternak Tatkala Musim Kemarau Tiba, Kini Polar Alami Kelangkaan di Pasaran

406 0
Bagikan

WartaJogja.co.id || GUNUNGKIDUL

Pakan ternak alternatif berupa polar saat ini mengalami kelangkaan di pasaran, terbukti banyak para peternak sapi maupun kambing kesulitan mencari keberadaan polar tersebut di beberapa toko pakan ternak yang ada di daerah Kabupaten Gunungkidul, khususnya area Kapanewon Playen.

Berikut pernyataan seorang peternak, Budi (50) warga Kalurahan Ngunut mengatakan, dia seharian mencari polar di setiap toko pakan ternak hingga mengunjungi beberapa toko yang ada di sekitaran Kapanewon Playen hanya ingin mendapatkan barang tersebut.

” Agak kesulitan juga, padahal sebelumnya peternak terbantu dengan adanya pakan alternatif seperti polar ini saat musim kemarau tiba, namun sekarang sulit didapat”, ujar Budi.

Beruntung dirinya mendatangi salah satu toko pakan ternak Sumber Rejeki yang berlokasi di Kalurahan Ngunut, mendapatkan pakan ternak berupa polar tersebut.

Foto: Pakan ternak alternatif jenis polar yang mengalami kelangkaan di pasaran

” Setelah mencari ke sana kemari, akhirnya ada satu toko pakan ternak yang masih menyediakan polar”, katanya.

Baca juga :Alami Depresi Akibat Ditinggal Istri Meninggal, Daliyo Akhiri Hidup Dengan Seutas Tali

Fenomena kelangkaan polar ini diakui oleh para pedagang penyedia pakan ternak di wilayah Kapanewon Playen, salah satunya adalah Cak Roni (40). Kesulitan mendapatkan polar ini diungkapkan semenjak 4 bulan terakhir, kiriman dari distributor terus mengalami keterlambatan.

” Pasokan polar saat memasuki musim kemarau mengalami keterlambatan, apalagi semenjak diberlakukan PPKM darurat di jawa dan bali, sangat berpengaruh pada pihak produsen yang dampaknya polar mengalami kelangkaan di pasaran”, terang Cak Roni.

Dirinya menambahkan, dalam satu minggu ini belum ada pasokan polar yang masuk ke toko miliknya, sedangkan stok yang tersedia sudah mulai menipis seiring ramainya para peternak membeli pakan alternatif berupa polar tersebut.

Cak Roni berharap kelangkaan semacam ini segera teratasi, sehingga masyarakat khususnya peternak tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkannya.

” Semoga bisa terkondisi, kasihan para peternak jika harus membeli polar dengan harga eceran tinggi, itupun kalau barangnya tersedia, sedangkan ketersediaan pakan berupa rumput juga sudah mulai sulit disaat memasuki musim kemarau seperti sekarang”, pungkasnya.

Redaksi ( Bowo )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *