Resmikan TPS3R Kalurahan Tepus, Bupati Himbau Kepada Masyarakat Tanam Pohon Flamboyan - Warta Jogja

Resmikan TPS3R Kalurahan Tepus, Bupati Himbau Kepada Masyarakat Tanam Pohon Flamboyan

55 0

WartaJogja.co.id || Gunungkidul — Bupati Gunungkidul H.Sunaryanto meresmikan TPS3R ( Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, Recycle ) di Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, pada Jum’at (26/1/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul, Hari Sukmono menyampaikan bahwa program ini merupakan langkah pendukung Peraturan daerah ( Perda ) Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah.

” Dengan adanya TPS3R diharapkan  pengelolaan sampah sebisa mungkin diselesaikan di tingkat Kalurahan “, jelas Hari Sukmono.

Pihaknya mengatakan bahwa saat ini Gunungkidul telah memiliki TPS3R sebanyak 17 titik, pembangunan TPS3R di Kalurhan Tepus dan Kalurhan Kemadang menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Keistimewaan.

” Terdapat tambahan 2 titik yang bersumber dari dana APBN murnitahun 2023 di Pampang dan Petir, selanjutnya perlu pembangunan di kalurahan-kalurahan yang lain “, tambahnya.

Dengan adanya pembangunan TPS3R yang berada di Tepus dan Kemadang diharapkan nantinya mampu melayani wilyah pantai serta mengurangikuantitas dan perbaikan karakter sampah sebelum masuk TPA.

Menurut catatan DLH Kabupaten Gunungkidul, jumlah volume sampah yang masuk ke TPA Wukirsari sepanjang tahun 2023 sebesar 10.770.245 ton, dengan perataan sejumlah 48 ton setiap harinya. Sampah ini berasal dari permukiman, pasar, hotel dan pantai.

Pembangunan TPS3R di Kaluahan Tepus dan Kalurahan Kemadang menelan anggaran sebesar Rp 1.260.170.000,- yang bersumber dari Dana Keistimewaan 2023.

Kepala Bagian Pelayanan dan Umum, Paniradya Keistimewaan DIY, Ariyanti Luhur Tri Setyarini mengatakan Danais membantu menyelesaikan persoalan salah satunya mengenai sampah.

” Pengelolaan sampah perlu dukungan dan partisipasi aktif. Sistem pengelolaan Reduce, Reuse, Recycle ( 3R ) merupakan pola pendekatan peran aktif “, ungkap Ariyanti.

Ariyanti juga meyampaikan bahwa 3R merupakan merupakan solusi terbaik mulai dari tataran individu, kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung, bahkan jika dikelola dengan baik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

”  terciptanya pergeseran pola pikir tentang pengelolaan sampah agar mampu memberikan manfaat sesuai dengan namanya “, katanya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam sambutannya berharap agar Gunungkidul menjadi kota yang bersih. Kebersihan otomatis akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

” Pada prinsipnya kami sangat mendukung pengelolaan sampah melalui sistem 3R ini, selain mampu memberdayakan masyarakat, kita bisa memilah sampah mulai dari rumah “, ucap Bupati.

Dalam kesempatan ini, Sunaryanta juga menghimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk menanam pohon Flamboyan. Pohon yang memiliki bunga berwarna cerah ini cocok ditanam dengan kontur tanah yang ada di Gunungkidul.

” Semakin cuaca panas bunganya akan kelihatan semakin bagus, ini akan kita kampanyekan dan hasilnya bisa kita nikmati 3 sampai 4 tahun yang akan datang “, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul juga memberikan penghargaan kepada pegawai yang bertugas di lapangan atas dedikasi kinerja selama ini. Penghargaan langsung diserahkan langsung oleh Bupati.

 

( Red/Yudhi )

 

 

 

 

 


Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *