Pengelola Desa Wisata Nglanggeran Hari Ini Membuka Camping Bertahap Sesuai SOP - Warta Jogja

Pengelola Desa Wisata Nglanggeran Hari Ini Membuka Camping Bertahap Sesuai SOP

528 0
Bagikan

WARTA JOGJA || GUNUNGKIDUL — Berita gembira bagi yang sudah kangen Sunrise, Sunset dan Camping di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Mulai hari ini tanggal 30 Oktober 2020 dengan menerapkan protokol Kesehatan dan pembatasan waktu camping, kini pengelola Desa Wisata Nglanggeran menyampaikan pengumuman bahwa camping bertahap sudah mulai uji coba terbatas namun belum bisa dilakukan setiap hari.(30/10/20)

Aktivitas pendakian malam menikmati Sunrise maupun Sunset bisa didapatkan pada hari hari tertentu belum setiap hari. Dalam masa uji coba, aktivitas malam dan camping hanya bisa dilakukan malam sabtu, malam minggu dan malam hari menjelang hari libur nasional. Untuk lokasi camping ada 4 lokasi camping yang bisa digunakan yaitu Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, Kampung Pitu, dan area Kedung Kandang.

Sugeng Handoko selaku Sekretaris Pokdarwis Nglanggeran menjelaskan Prosedur yang perlu dijalankan dari Protokol Kesehatan Pelayanan Camping di Desa Wisata Nglanggeran yaitu :
Wisatawan yang akan camping di nglanggeran direkomendasikan reservasi terlebih dahulu.
Wisatawan menerapkan Protokol Kesehatan, mencuci tangan pakai sabun dilokasi yang sudah disediakan, dicek suhu tubuh, mengisi data diri pengunjung lewat aplikasi, membeli tiket masuk malam.
Petugas jaga berhak mengecek barang bawaan wisatawan dan berhak menyita barang berbahaya yang kedapatan di bawa wisatawan, seperti : Miras, Pilox dan cat sejenisnya, Senapan dan sebagainya.
Wisatawan wajib memakai masker dan membawa handsanitaizer. Pengelola hanya mengijinkan 1 (satu) tenda dome ditempati 1 (satu) orang. Bila wisatawan tidak membawa tenda, pengelola menyediakan persewaan tenda dome (kapasitas terbatas). Camping tetap memperhatikan jaga jarak (physical distansing) 1 meter. Sampah bekas bungkus makanan atau lainnya wajib dibawa turun dibuang di tempat sampah yang sudah disediakan. Lokasi Camping sesuai tempat yang sudah ditentukan pengelola dan tidak boleh membuka lahan camping baru. Dilarang membuat api unggun diatas batu, hanya boleh ditanah. Memastikan kondisi api sudah mati saat meninggalkan lokasi camping.

” direkomendasikan untuk bisa melakukan reservasi dahulu kepada team kami yaitu Aris Budiyono : 081804138610 atau Heru Purwanto : 081804103999 “, imbuhnya.

Dalam masa uji coba, camping hanya bisa dilakukan malam sabtu, malam minggu dan malam hari menjelang hari libur nasional
SOP ( Standar Opersional Prosedur ) ini dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan situasi kondisi covid-19.

” Demikian semoga kita semua dalam kondisi sehat, tetap menerapkan protokol kesehatan dan selalu Bahagia berwisata ke Desa Wisata Nglanggeran “, tutupnya.

Red ( Wahyudi / Sugeng Handoko )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *