Pemkab Gunungkidul Hibahkan Tiga Pangkon Gamelan Kepada Pokmas di Tiga Kapanewon - Warta Jogja

Pemkab Gunungkidul Hibahkan Tiga Pangkon Gamelan Kepada Pokmas di Tiga Kapanewon

27 0

WartaJogja.co.id || GUNUNGKIDUL — Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyerahkan bantuan hibah 3 pangkon gamelan kepada Kelompok Masyarakat ( Pokmas ) di tiga Kapanewon.

Penyerahan ini dilakukan langsung oleh Bupati Gunungkidul, H.Sunaryanta kepada Kelompok Kesenian Gereja Kristen Jawa ( GKJ ) Watusigar, Kapanewon Ngawen, Paguyuban Karawitan Ngudi Laras, Kapanewon Tepus, serta Paguyuban Seni Karawitan Marsudi Budoyo, Pringombo A, Kapanewon Rongkop.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan jika pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah menyerahkan tiga pangkon gamelan lengkap pelok dan slendro.

” Tiga paket ganelan lengkap pelok dan slendro telah kita serahkan di tahun 2023 ini “, ungkapnya saat memberikan sambutan pada acara serah terima bantuan gamelan kepada Kelompok Paguyuban Karawitan Ngudi Laras, Padukuhan Blekonang, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus pada Kamis (28/12/2023).

Selanjutnya Bupati menyampaikan, bahwa dalam mendapatkan hibah bantuan gamelan ini tidak mudah, harus menunggu penyesuaian anggaran terlebih dahulu, maka dari itu pihaknya berpesan agar dipergunakan sebaik mungkin.

” Gamelan ini tentunya bisa lebih membawa manfaat, selain mengembangkan bidang seni karawitan, juga sebagai upaya penguatan karakter daerah meskipun dalam mendapatkan hibah bantuan gamelan ini harus melalui proses yang panjang “, terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kundho Kabudayan Kabupaten Gunungkidul, Agus  Mantara memaparkan jika hibah bantuan tiga pangkon gamelan di tahun 2023 ini bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus ( BKK ) Dana Keistimewaan ( Danais )DIY.

” Tahun ini hanya ada tiga kelompok masyarakat yang mendapatkan hibah bantuan gamelan yang dianggarkan melalui BKK danais, 1 set gamelan harganya mencapai Rp 161 juta, maka kami berharap agar dijaga dan dirawat dengan baik “, papar Agus.

Menanggapi perihal kelompok masyarakat di wilayahnya mendapat hibah bantuan gamelan, Lurah Tepus, Endro Pratopo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Hibah bantuan gamelan ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Padukuhan Blekonang 1, 2 dan 3.

” Terimakasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam hal ini diwakili beliau Bupati, semoga dengan bantuan gamelan dan disertai antusiasme masyarakat yang tinggi ini, kami harapkan melahirkan seniman dan seniwati di Kalurahan Tepus ini”, ungkap Lurah Tepus.

( Red/Yudhi )


Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *