Pasca Pemilu 2024, Gunungkidul Diguncang Rumor Pungli Oknum Satpol PP - Warta Jogja

Pasca Pemilu 2024, Gunungkidul Diguncang Rumor Pungli Oknum Satpol PP

2603 0

WartaJogja.co.id || Gunungkidul — Pasca Pemilu 2024 menyisakan rumor tak sedap yang kian santer terdengar mengenai adanya dugaan pungutan liar yang dilakukan oleh salah seorang oknum Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) kepada sejumlah Kapanewon di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Hal ini disampaikan oleh WS, salah seorang pamong kalurahan yang enggan disebut identitasnya secara terang mengungkapkan jika kalurahan tempatnya bekerja dimintai sejumlah uang oleh oknum anggota Satpol PP Gunungkidul dengan mentransfer ke bagian Jawatan Keamanan Kapanewon.

” Saya saat itu dihubungi untuk segera mentransfer uang sebesar Rp 400 ribu kepada pegawai jawatan keamanan kapanewon, dengan tujuan uang tersebut nantinya digunakan sebagai upah kesejahteraan linmas yang bertugas menjaga kotak suara di tingkat PPS dan PPK “, ujar WS, pada Kamis ( 21/3/2024 ).

Lebih lanjut WS bercerita jika uang yang berasal dari kalurahan se-Kapanewon yang telah terkumpul nantinya akan disetorkan kepada oknum tersebut.

” Per kapanewon minimal menyetorkan sebesar Rp 5 juta, kemudian jika sudah terkumpul akan diambil ataupun ditransfer kepada pihak satpol PP dalam hal ini kepala seksi linmas “, ungkap WS.

Saat dikonfirmasi Media WartaJogja.co.id di ruang kerjanya, DS selaku Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat ( Kasi Linmas ) Satpol PP Gunungkidul menampik tudingan serta rumor yang mengarah kepada dirinya.

Bahkan pihaknya tidak mengetahui jika beredar rumor mengenai dirinya meminta sejumlah uang ke Jawatan Keamanan Kapanewon se-Gunungkidul.

” Soal ini malah saya baru tahu, dan saya tidak pernah melakukan apapun yang tentunya jika hal seperti itu jelas merupakan tindakan yang bisa dikenakan sanksi hukum “, ungkap DS.

DS menegaskan bahwa jika rumor yang beredar mengenai dirinya tersebut merupakan hal biasa terjadi di lingkup kerja di lapangan seperti Satpol PP sebagai garda terdepan penegakan peraturan daerah ( perda ).

” Jika rumor di luar sana mengenai saya santer berhembus, saya menganggap wajar karena ini merupakan bagian resiko dari sebuah pekerjaan di bidang saya, namun begitu saya menegaskan hal itu tidak benar “, imbuhnya.

Hingga berita diterbitkan  Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunungkidul, Edi Basuki belum memberikan klarifikasi mengenai hal ini. Untuk diketahui saat ini DS telah dimutasi dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunungkidul per tanggal 22 Maret 2024.

( Redaksi )



Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *