Nikmati Indahnya Gua Seplawan, Dispar Gunungkidul Ajak Pemandu Wisata Susur Gua - Warta Jogja

Nikmati Indahnya Gua Seplawan, Dispar Gunungkidul Ajak Pemandu Wisata Susur Gua

191 0

Wartajogja.co.id || Gunungkidul — Orientasi lapangan atau lebih dikenal dengan sebutan kunjungan lapangan merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas (Sumber Daya Manusia) SDM di sebuah instansi. Pada kesempatan ini, orientasi lapangan dilakukan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul dengan peserta orientasi yang berasal dari pemandu gua, outbond, desa wisata dan kelompok Sadar Wisata. Kunjungan dilakukan di Gua Seplawan, yang terletak di Kawasan Pegunungan Menoreh yang merupakan perbatasan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Desa Donorejo, Kabupaten Purworejo. Rombongan Orientasi Lapangan dipimpin oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hari Susanto beserta tim dinas. ( 21/09/23)

Hari Susanto menyampaikan alasan memilih lokasi tersebut karena Gua Seplawan tak sekadar gua biasa karena ada peninggalan sejarah di lorong-lorongnya. Konon dulu gua ini merupakan tempat ditemukannya arca emas 22 karat Dewa Siwa dan Dewi Parwati, tinggi 9 sentimeter, dan berat 2,5 kg. Kegiatan orientasi lapangan ini merupakan rangkaian acara pelatihan pemandu susur gua atau caving yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menggunakan DAK Nonfisik Kemenparekraf RI.

Hari menambahkan lokasi gua di Gunungkidul yang berjumlah ratusan tidak kalah indahnya dengan gua seplawan ini, akan tetapi diharapkan peserta orientasi lapangan ini bisa mengambil ilmu, saling bertukar pikiran dengan pengelola yang ada gua ini.

“Materi untuk orientasi di hari ketiga ini lebih ke praktek merencanakan dan mempersiapkan kegiatan wisata gua, memandu wisatawan dan melaksanakan intepretasi pada kegiatan wisata gua, praktek penanganan kondisi darurat dalam penelusuran gua,” jelas Hari.

Setelah kegiatan ini, Dispar berharap pelaku usaha jasa pariwisata bisa menerapkan dan berinovasi supaya Pariwisata Gunungkidul lebih menggeliat lagi. Tetap kompak, dan bergandengan tangan untuk menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul.

Sementara, Agus Budiyanto, Sub koordinator Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinporapar Kabupaten Purworejo, menerima rombongan orientasi dengan senang hati. Agus berharap kalau rombongan dapat menularkan apa yang telah diperoleh di Gua Seplawan kepada saudara, kerabat yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

“Suatu saat kami dari Kabupaten Purworejo juga akan berkunjung ke Gunungkidul, belajar destinasi wisata yang ada di sana,karena Gunungkidul sekarang menjadi magnet pariwisata di Yogyakarta,” pungkas Agus.

 

Red ( Whyoe )



Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.