Nguri-uri Budaya Jawi ; Padukuhan Peron Kalurahan Bleberan Kapanewon Playen Gelar Rasulan secara Sederhana - Warta Jogja

Nguri-uri Budaya Jawi ; Padukuhan Peron Kalurahan Bleberan Kapanewon Playen Gelar Rasulan secara Sederhana

688 0
Bagikan

WARTAJOGJA.CO.ID || GUNUNGKIDUL –Warga Masyarakat Padukuhan Peron Kalurahan Bleberan Kapanewon Playen laksanakan tradisi adat bersih dusun atau sering disebut dengan ” Rasulan “. Dalam masa pademi ini acara tersebut digelar secara sederhana dan juga melaksanakan sesuai protokol kesehatan. (25/05/21)

Acara tersebut digelar secara sederhana di Balai Padukuhan Peron. Hadir dalam acara tersebut Lurah Bleberan Supraptono , Dukuh Peron Bowo Sulistyo beserta warga masyarakat. Acara tersebut dibuka pada pukul 11.30 Wib dengan tradisi kepung kenduri nasi berkat.

Acara rasulan dibuka oleh Dukuh Peron Bowo Sulistiyo dengan doa bersama dengan tujuan semua usaha dan juga apa yang diharapkan oleh warga masyarakat Padukuhan Peron bisa terlaksana serta diberikan kelancaran dalam segala kegiatan di Padukuhan Peron.

” Acara ini kita buka dengan doa bersama dan juga membaca ayat – ayat suci al-qur’an bersama warga masyarakat dan kenduri sego berkat “, terang Bowo.

Lurah Bleberan Supraptono dalam sambutannya merasa bersyukur meski di masa pandemi namun warga masyarakatnya masih menjaga tradisi turun temurun ini dengan guyup rukun dan suka cita. Tak lupa juga pihaknya memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi. Beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat yang masih menjaga tradisi bersih dusun atau rasulan serta nguri – uri budaya jawi.

” Dalam acara bersih dusun ini diharapkan semoga tetap seiring sejalan dari masyarakat dengan pemerintah dan juga melaksanakan kegiatan – kegiatan yang telah dicanangkan bersama “, jelas Lurah Bleberan.

 

( Redaksi )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *