Nguri - uri Budaya Jawi, Kalurahan Bejiharjo Gelar Tradisi Bersih Sumber Kyai Sejati - Warta Jogja

Nguri – uri Budaya Jawi, Kalurahan Bejiharjo Gelar Tradisi Bersih Sumber Kyai Sejati

146 0
Bagikan

Wartajogja co.id || Gunungkidul — Tradisi bersih sumber atau disebut dengan Mata Air yang merupakan tradisi warga Padukuhan Gunungbang,Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan setiap senin pahing sesudah panen padi gogo di Sumber Kyai Sejati.( 16/05/22)

Tradisi ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun yang dilakanakan setiap setahun sekali, warga membawa encek (nasi ingkung dan hasil bumi) yang dikemas dengan menggunakan anthok (debok pisang) , ada 174 encek pada tahun ini, dan terhitung ada kenaikan.

Endah Kartika Sari selaku pendamping Kalurahan Budaya Bejiharjo menyampaikan bahwa Kalurahan Bejiharjo sudah masuk Desa wisata dengan harapan generasi penerus yakni anak muda bisa meneruskan tradisi budaya seperi ini.

“kami berharap kepada anak muda di Kalurahan Bejiharjo bisa meneruskan upacara tradisi seperti ini,karena di sini mengandung nilai-nilai budaya yang harus dilestarikan “, Jelas Endah.

Juru kunci sumber kyai sejati Mbah Satino menceritakan awal mula disebut sumber Kyai sejati itu karena berasal dari Sunan Gunung Jati yang waktu itu mau menyebarkan agama islam di pulau jawa bersama Sunan Kali Jaga.

“di sini Sunan Kali Jaga pakai tongkatnya membuat sumber(mata air) dan beberapa titik dengan tujuannya bila nanti ada perubahan jaman sebagai sumber kehidupan dan nama itu mengambil nama dari Sunan Gunung Jati yang sekarang sumber itu disebut Sumber Kyai Sejati “, pungkasnya.

Red ( Bowo )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *