Nguri-uri Budaya Jawi, Arak-arakan 11 Gunungan Desa Bokoharjo Gelar Merti Desa di Candi Banyunibo - Warta Jogja

Nguri-uri Budaya Jawi, Arak-arakan 11 Gunungan Desa Bokoharjo Gelar Merti Desa di Candi Banyunibo

475 0
Bagikan

Wartajogja.co.id || Sleman — Kalurahan Bokoharjo Kapanewon Prambanan Kabupaten Sleman gelar Merti Desa Bokoharjo di Kawasan Candi Banyunibo. Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 wib dengan roundown acara pembukaan, Kirab Gunungan menuju Banyunibo,Opening ceremony, Doa pemotongan tumpeng , pentas seni, dolanan anak, srandul dadung awuk candirejo,hadroh, langen carito, wayang Gatot koco lahir, wayang II dilanjutkan opening ceremony, sendra tari hariti, ketoprak dan ditutup dengan musik Keroncong Dargombes. ( 05/12/21)

Hadir dalam Acara Merti Desa Bokoharjo Kepala Dinas kebudayaan DIY Dian Laksmi,S.S.,M.A, Kepala Dinas Bpnb DIY, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY yang diwakili oleh Ellya Shari,S.ST.,MM , Kasi Lembaga Budaya DIY Dra. Endang Widuri , Direktur Utama BPD DIY , Bupati Sleman , Lurah Bokoharjo Dody Heriyanto, SE , Panewu Kapanewon Prambanan, Sekcam, Ramil, Koramil Prambanan, Praktisi Budaya, Kapolsek Prambanan, GM Unit Ratu Boko,Kepala Bpcb DIY beserta warga masyarakat Kalurahan Bokoharjo.

Lurah Bokoharjo Dodi Heriyanto , SE dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Bokoharjo yang telah ikut berpartisipasi serta menjaga kearifan lokal yaitu Merti Desa Bokoharjo. Beliau juga berharap dengan diadakannya acara tersebut semoga panen semakin melimpah ruah dan juga mampu memberikan mata pencaharian untuk warga masyarakat Bokoharjo.

” Ucapan syukur kepada Allah swt dan juga acara ini merupakan acara yang dilaksanakan setiap tahunnya di masa panen maka dari itu kita sebut dengan Merti Desa dengan kirab arak-arakan gunungan menuju candi banyunibo “, jelasnya.

Ketua Panitia Merti Desa Imron mengatakan Acara merti Desa ini diikuti oleh 11 Padukuhan yang ada di Kalurahan Bokoharjo yaitu Padukuhan Pulerejo, Cepit, Pelemsari, Marangan, Ringinsari, Kranggan, Jamusan, Jirak, Gatak, Jobohan dan Klurak Baru. Kesebelas Padukuhan tersebut mengikuti arak-arakan gunungan yang berisi hasil panen warga masyarakat.

Baca juga :UNWTO Umumkan Nominasi Desa Wisata Terbaik se-Dunia, Nglanggeran Salah Satu Pemenangnya ; kami bergetar, haru dan bersyukur

” Harapan di tahun depan lebih melimpah ruah panennya para petani yang ada di Kalurahan Bokoharjo serta mampu menghasilkan hasil yang memuaskan “, imbuhnya.

Red ( Whyoe )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *