Ndaru Mustikaning Warih Mengangkat Judul " LURUNG " dalam Pameran MULO - Warta Jogja

Ndaru Mustikaning Warih Mengangkat Judul ” LURUNG ” dalam Pameran MULO

281 0
Bagikan

Wartajogja.co.id || Gunungkidul — Salah satu pelaku seni rupa yang mengangkat judul ” LURUNG ” menceritakan tentang keresahan yang menurut pelukis itu aneh tapi nyata dan secara kebetulan sering terjadi di tanah kelahirannya yaitu Gunungkidul, yang dulunya diyakini masyarakat sekitar adalah bekas lurung. ( 14/12/21 )

Ndaru Mustikaning Warih , lahir di Gunungkidul,16 Mei 1996 merupakan pelukis yang berasal dari Kapanewon Wonosari , coretan garis yang besar kuat tebal penuh keyakinan, dan pengalaman spiritual di sekelilingnya mendorong banyak perubahan dalam kekaryaan dan hidupnya. Selain itu juga karyanya banyak di ruang publik .

Ndaru mengatakan Pengalaman tubuh punya keterkaitan dengan sejarah. Pengalaman tubuh yang merasakan bermacam peristiwa masa lalu, mampu menjadi cerita untuk selalu diingat dan disebarluaskan. Ingatan dari cerita itu akhirnya mempengaruhi perilaku tubuh, baik secara fisik maupun mental. Karena sejatinya, tubuh mampu merekam peristiwa dari yang sederhana hingga rumit, yang indah hingga yang buruk, dan yang kasat mata dan yang tidak kasat mata. Dalam pameran ini, mungkinkah kita mereka-reka ketika segala sesuatu peristiwa yang sepertinya sudah selesai untuk diingat, tapi justru baru akan memulai peristiwa.

” Saya memilih judul dan konsep karya yang saya hadirkan di pameran MULO ini karena saya mulai merasakan keresahan yang baru sadar dari beberapa lama waktunya kejadian – kejadian yang menurutnya aneh tapi nyata yang kebetulan sering terjadi di tanah yang dulunya itu di yakini Masyarakat sekitar saya itu bekas lurung “, terangnya.

Dan kebetulan saya bertempat tinggal di tanah ini. Mungkin garis besarnya seperti ini, karena saya sering membuat karya yang meresahkan diriku pada waktu itu dan kebetulan karya ini pas untuk saya hadirkan di pameran ” MULO ” ini, imbuh Ndaru.

 

Red ( Whyoe )

NDARU MW

Judul: “LURUNG”

Media: Media Campur di Atas Kertas

Dimensi: 59 cm x 84 cm

Tahun: 2021

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *