Merti Desa Bokoharjo ditutup dengan Sendra Tari Hariti - Warta Jogja

Merti Desa Bokoharjo ditutup dengan Sendra Tari Hariti

203 0
Bagikan

Wartajogja.co.id || Sleman — Merti Desa Bokoharjo yang dilaksanakan pagi tadi dengan berbagai acara adat budaya mulai dari kirab gunungan, rebut gunungan yang dibuka langsung oleh Lurah Bokoharjo serta diikuti banyaknya antusias warga masyarakat Bokoharjo untuk tetap melestarikan budaya jawi. Acara ditutup dengan Sendra tari hariti, Ketoprak dan Keroncong Dargombes. (05/11/21)

Oni Triyono selaku pendamping budaya Kalurahan Bokoharjo mengatakan penutupan acara merti Desa Bokoharjo ditutup dengan beberapa acara yang bernuansa jawa yakni Sendra Tari Hariti, Ketoprak dan Keroncong Dargombes. Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Dr. Restu Gunawan, M. Hum, Lurah Bokoharjo Dodi Hariyanto ,SE dan tamu undangan lainnya serta warga masyarakat Kalurahan Bokoharjo. Pelaksanaan acara dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dan juga berjalan sangat hikmat meskipun pagi tadi hujan.

Oni juga menjelaskan salah satu acara penutup dengan Sendra Tari Hariti . Sendra Tari Hariti menceritakan Dewi Hariti adalah istri Dewa oera, konon diceritakan seorang yaksa,kejam pemangsa anak- anak manusia,namun mendapatkan pencerahan anak bungsunya yang diambil sang Budha ,maka hariti pun sadar akan perbuatannya. Lalu sang ayah harity pun bertaubat dan berdahlil menjadi pelindung dan penyayang anak – anak. Pada ulahnya dewi hariti dipercaya sebagai dewi kesuburan dan pengusir pengaruh roh – roh jahat yg menimpa anak- anak kecil.

Baca juga :Nguri-uri Budaya Jawi, Arak-arakan 11 Gunungan Desa Bokoharjo Gelar Merti Desa di Candi Banyunibo

” Acara ditutup malam ini pada pukul 21.00 Wib dengan harapan agar lebih mensejahterakan penggiat budaya dan masyarakat disekitar dalam melestarikan budaya dari para leluhur “, tutupnya.

Red ( Whyoe )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *