Masih Dalam Suasana Pandemi, 2 Padukuhan di Kalurahan Giripanggung Gelar Rasulan Sederhana - Warta Jogja

Masih Dalam Suasana Pandemi, 2 Padukuhan di Kalurahan Giripanggung Gelar Rasulan Sederhana

199 0
Bagikan

Warta.Jogja.co.id || GUNUNGKIDUL– Padukuhan Pringapus dan Trenggulun, dua Padukuhan yang masuk wilayah Kalurahan Giripanggung, Kapanewon Tepus, mengadakan tradisi rasulan secara sederhana, Senin (31/05/2021).

Tradisi rasulan memang sudah identik dengan masyarakat Gunungkidul secara umum, sebagai bentuk rasa syukur atas berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat petani atas hasil panen yang mereka tuai.

Biasanya, acara rasulan yang diselenggarakan setiap tahun sekali menjelang musim kemarau ini, dua momentum acara mengalami perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, semenjak suasana pandemi covid-19.

Hal ini dibenarkan oleh Lurah Giripanggung, Ngadi. Meskipun dalam suasana pandemi, masyarakat tetap mengadakan acara rasulan, karena ini merupakan sebuah tradisi yang melekat secara umum bagi kalangan petani di Gunungkidul dan khususnya di wilayah Kalurahan Giripanggung.

” Kalurahan Giripanggung terdiri dari 14 padukuhan, kebetulan hari ini, Senin Pahing 31 Mei 2021 terdapat dua Padukuhan yang mengadakan acara rasulan, yakni pringapus dan trenggulun, meskipun digelar secara sederhana namun tidak mengurangi rasa syukur kadang tani kepada tuhan”, ungkapnya.

Jika sebelum pandemi, rasulan tersebut diawali dengan kerja bakti lingkungan, perlombaan, pertunjukan seni hingga acara inti yaitu kenduri dengan nuansa meriah, kali ini seperti halnya tahun lalu, acara rasulan hanya diambil acara intinya, yaitu kenduri yang mana setiap warga padukuhan menyediakan nasi uduk dan ingkung untuk kenduri bersama,yang diijab kobulkan oleh tokoh masyarakat setempat di masing-masing balai padukuhan.

” Kenduri ini selain sebagai simbol rasa syukur, juga memohon agar pandemi ini segera berakhir, pemulihan ekonomi dan kesejahteraan, serta kesehatan tetap menaungi kami”, pungkasnya.

(Redaksi)

 

 

 

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *