Mahasiswa Universitas Mercubuana Yogyakarta Gelar Kegiatan Cek Kesehatan Massal di Pasar Lempuyangan - Warta Jogja

Mahasiswa Universitas Mercubuana Yogyakarta Gelar Kegiatan Cek Kesehatan Massal di Pasar Lempuyangan

209 0


Wartajogja.co.id || Yogyakarta — Tingkatkan kesadaran pedagang Pasar, Universitas Mercubuana Yogyakarta laksanakan program pengabdian yakni dengan menggelar kegiatan cek kesehatan massal untuk pedagang yang berada di kawasan Pasar Lempuyangan (11/02/23) , pukul 09.00-12.00 WIB dengan pencapaian target 100 peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dari pedagang Pasar Lempuyangan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan diteksi dini penyakit yang bisa menyerang kapan saja.

Hallen Juventina merupakan Mahasiswa Universitas Mercubuana Yogyakarta menjelaskan dalam kegiatan cek kesehatan gratis para mahasiswa sudah mengkoordinasikan dengan Lurah Pasar yaitu Kabul dan Win selaku staff koordinator pasar untuk menyediakan prasarana dan pengkodisian peserta kegiatan. Mahasiwa juga berkoordinasi dengan Puskesmas Danurejan terkait kegiatan cek kesehatan yang akan dilakukan. Cek kesehaan ini juga didukung oleh ketua Paguyuban Pasar yaitu Walidi dan beliau mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang mau peduli dengan kondisi pasar terlebih dalam bidang kesehatan. Dalam kegiatan ini mahasiswa dibantu oleh satu dokter muda yaitu Dr. Bella serta satu perawat yang membantu tugas dokter yaitu Marina. Dalam kegiatan ini mahasiswa yang terlibat berjumlah 10 orang dan diketuai oleh Sutrisno dari prodi Psikologi dan dibimbing langsung oleh Putri Taqwa Prasetyaningrum, S.T., M.T., MCE. (14/02/23)

Beberapa mahasiswa sudah menyediakan ruang tunggu bagi para pedagang yang akan melakukan cek kesehatan sehigga antrian tetap tertib dan rapi. Pertama-tama para pedagang melakukan pendaftaran sembari cek berat badan, mahasiswa mengisi form yang sudah disediakan dan juga mengisi form screening dari Puskesmas Danurejan. Setelah pengisian data diri dan proses screening maka pedagang akan diarahkan untuk cek tekanan darah serta menanyakan apa saja keluahan yang dirasakan. Tahap akhir dari cek kesehatan ini adalah cek gula darah yang dilakukan oleh Dr. Bella serta pembacaan hasil screening yang telah dilakukan, jika ada yang membutuhkan perawatan lebih lanjut Dr. Bella menyarankan untuk mendatangi Puskesmas sesuai dengan faskes kesehatan yang dimiliki agar bisa segera mendapatkan perawatan.

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan tertib hingga akir, target 100 peserta bisa dicapai dan banyak peserta yang mengapresiasi kegiatan cek kesehatan ini. Walaupun masih banyak juga pedagang yang belum berpartisipasi tetapi untuk kedepannya mahasiswa berharap agar para pedagang bisa lebih memperhatikan tentang kesehatan dan mulai dengan pola hidup sehat.

( Redaksi )


Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *