Kenalkan Seni Budaya Sejak Dini, Sanggar Budaya Wukirharjo Berikan Wadah Kreasi di Era Globalisasi - Warta Jogja

Kenalkan Seni Budaya Sejak Dini, Sanggar Budaya Wukirharjo Berikan Wadah Kreasi di Era Globalisasi

72 0
Bagikan

Wartajogja.co.id || Sleman — Sanggar budaya Wukirharjo Kalurahan Wukirharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, gelar acara pentas seni bersama anak-anak sanggar budaya. Kegiatan yang digelar pada tanggal 31 Juli ’22 pukul 14.00 Wib bertempat di halaman Balai Kalurahan Wukirharjo. (07/08)

Sanggar Budaya Wukirharjo dengan 20 anggota dan bertujuan utamanya adalah nguri-uri kabudayan dan melestarikan budaya Nusantara khususnya di Desa Wukirharjo Prambanan. Pendorong utama didirikannya sanggar seni budaya ini semata-mata memperkenalkan dan memberikan wadah berkreasi, apresiasi kepada masyarakat tentang kebudayaan daerah melalui berbagai minat utama bidang kesenian tradisional, serta memperkenalkan budaya nusantara khususnya kepada anak-anak usia dini untuk menamakan rasa nasionalisme dan cinta terhadap warisan budaya bangsa, serta memperkenalkan kepada dunia luar melalui media sosial dan informatika.

Didit selaku Pendamping Budaya menjelaskan di era globalisasi dan teknologi saat ini. Untuk saat ini mekanisme pendanaan masih diusung bersama atau istilahnya adalah swadaya masyarakat setempat dan pamong setempat serta beberapa stek holder dari lingkungan sekitar Desa.

” Saat ini support atau dukungan pemerintah daerah setempat adalah memberikan wadah atau tempat untuk berkreasi bagi siswa-siswi sanggar budaya Wukirharjo serta beberapa bantuan-bantuan dari program-program dana desa melalui anggaran APBDes dan APBD daerah setempat”, imbuhnya.

Harapan besar dari divisi pengurus sanggar dan semua elemen masyarakat dan pamong baik Desa Wukirharjo maupun di luar desa dan masyarakat luas pada umumnya, berharap bahwa sanggar budaya Wukirharjo harus terus berdiri dan memberikan display atau ruang media informasi tentang kesenian dan kebudayaan lokal daerah menjadikan sebuah ikon Nusantara khususnya di daerah istimewa Yogyakarta.

( Redaksi )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *