Kalurahan Gedangrejo Kapanewon Karangmojo Gelar Sosis dan Bimtek SDGs Tahun 2023 - Warta Jogja

Kalurahan Gedangrejo Kapanewon Karangmojo Gelar Sosis dan Bimtek SDGs Tahun 2023

557 0

Wartajogja.co.id || Gunungkidul — Sesuai amanat Peraturan Menteri Desa dan PDTT Nomor 2 Tahun 2016, menyebutkan bahwa pemutakhiran data berbasis SDGs ( Sustainable Developmet Goals programs ) Desa merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun yang lebih detail, lebih mikro, untuk dapat memberikan informasi lebih banyak sebagai proses perbaikan, pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga di tingkat perdesaan. Untuk itu melalui Surat Dinas Setda Kabupaten Gunungkidul Nomor 410/6987, diinstruksikan kepada para Panewu, dengan  berkoordinasi dengan Pemerintah Kalurahan untuk merencanakan  pemutakhiran data SDGs Desa Tahun 2023 bersama TPP Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa. (17/03/23)

Dan John Emilton Bancin selaku Koordinator Tim TPP Kapanewon Karangmojo pada Giat Sosialisasi Pendataan SDGs Desa di Kalurahan Gedangrejo pada Kamis (16/03) menyampaikan bahwa Giat Sosialisasi pada siang ini merupakan giat terakhir, setelah secara maraton melaksanakan agenda sosialisasi di 9 Kalurahan se-Kapanewon Karangmojo yang dimulai pada Kamis (09/03).

“Kita selaku kepanjangan tangan Kementerian Desa di tingkat Perdesaan mendapat mandat sesuai tupoksi yang ada untuk memfasilitasi Pemerintah Kalurahan, terkait pembentukan, penetapan, serta melakukan pembekalan Kelompok Kerja Relawan Pendataan SDGs Desa pada tahun ini”, imbuhnya.

Sementara itu Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Karangmojo, Ngateno, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan dengan berbasis data akan mempermudah Pemerintah Kalurahan dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah maupun dalam penjabarannya pada Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan setiap tahunnya.

“Diharapkan dengan pemutakhiran dan pendataan real sesuai yang ada di lapangan oleh para relawan, khususnya tingkat rukun tetangga dan keluarga, maka pembangunan kalurahan akan tepat sasaran, dan sesuai kebutuhan, bukan keinginan pemangku kebijakan maupun kelompok tertentu yang ada dimasyarakat. Dan pembangunan berkelanjutan akan terus berkesinambungan, sampai 18 item SDGs tercapai, walaupun ada pergantian pemangku kebijakan yang ada di kalurahan”, pungkasnya.

Red ( Sunu Aji S )


Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *