HI melalui Project Gendhis Manis Distribusikan Peralatan Penunjang Pelayanan dan Edukasi Diabetes - Warta Jogja

HI melalui Project Gendhis Manis Distribusikan Peralatan Penunjang Pelayanan dan Edukasi Diabetes

461 0
Bagikan

 

WARTAJOGJA.CO.ID || GUNUNGKIDUL — Humanity Inclusion ( HI ) Indonesia melalui project Gendhis Manis (Gerakan Hidup Sehat Melawan Diabetes Melitus melaksanakan pendistribusian tahap kedua yaitu pada 1-5 Maret 2021 sebagai kelanjutan dari distribusi tahap pertama yang sudah dilakukan pada tahun 2019.Tujuan dari pemberian bantuan peralatan penunjang pelayanan dan edukasi diabetes ini agar mitra HI dapat memberikan pelayanan diabetes yang berkualitas dan inklusif khususnya mengenai kaki diabetes. (08 /03/21)

Pendistribusian dilakukan kepada para mitra dan penerima manfaat yaitu Dinas Kesehatan DIY, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Sleman, RSUD Gunungkidul, PEREKNI, 12 Puskesmas dan 36 Posbindu wilayah kerja HI serta mitra HI meliputi pemerintah Kalurahan dan Kapanewon.

Edwin selaku Public health Officer Humanity & Inclusion Indonesia menyampaikan bahwa meskipun project Gendhis Manis sudah berakhir namun dengan dukungan yang sudah diberikan para mitra dan penerimaan manfaat bisa terus melanjutkan pelayanan diabetes dengan sebaik baiknya pada masyarakat.

Total ada 43 Jenis barang yang diberikan kepada mitra HI yang berupa media edukasi seperti Poster, leaflet, kalender, jam hidup sehat, dll. Alat Skrining dan perawatan kaki diabetes seperti Doppler, monofilamen, pemotong kuku, kredo, DLL. Untuk menunjang skrining di Posbindu HI memberikan bantuan paket peralatan posbindu kits, tensimeter digital, cek gula darah, timbangan, thermogun, strip gula darah, tablet android dll. Peralatan peralatan tersebut akan digunakan mulai dari Kader Posbindu hingga tenaga kesehatan di Puskesmas maupun di Rumah Sakit untuk menunjang pelayanan diabetes dan kaki diabetes.

Dr. Patimah Haryati selaku Kepala Seksi PTM Dinkes Sleman mengungkapkan bantuan yang  diberikan HI sangat bermanfaat dan berguna untuk pelayanan, dengan harapan Puskesmas yang mendapat bantuan bisa memanfaatkan dengan baik. Secara terpisah Kepala Puskesmas Wonosari 1 Ariningsih Indriyati, SKM mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan HI.

Murajiyem salah satu kader Posbindu Kusuma dari Gamping yang merupakan Posbindu dampingan program Gendhis Manis mengatakan bantuan peralatan yang diberikan sangat membantu kegiatan posbindu yang sebelumnya belum dimiliki.

” Kami melakukan kunjungan kerumah orang yang berisiko tinggi DM agar bisa segera diperiksa jika menunjukan gejala DM akan dirujuk ke Puskesmas “, terangnya.

Red ( Whyoe )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *