Hadiri Work Shop Best Prestice Kerjasama Desa Dalam Peningkatan Perekonomian Oleh Kemendagri, Lurah Mulo Ditunjuk Menjadi Narasumber - Warta Jogja

Hadiri Work Shop Best Prestice Kerjasama Desa Dalam Peningkatan Perekonomian Oleh Kemendagri, Lurah Mulo Ditunjuk Menjadi Narasumber

333 0
Bagikan

WartaJogja.co.id || GUNUNGKIDUL–Keberhasilan dalam penyusunan laporan keuangan kalurahan bidang BUMKal (Badan Usaha Milik Kalurahan) Mulo terdengar hingga Kementerian Dalam Negeri.

Oleh karena itu, pemerintah kalurahan Mulo diundang dalam acara workshop best prestice dengan tema Kerjasama Desa Dalam Peningkatan Perekonomian Desa, yang diselenggarakan Kementerian dalam negeri ( Kemendagri) tanggal 16-17 Maret 2021 di hadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat tingkat propinsi se-Indonesia, yang diselenggarakan di Jakarta menjadikan Lurah Mulo, Sugiyarto, A.Md, dan Panewu Wonosari, Drs. Siwanto ditunjuk sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Sugiyarto menjelaskan, hal ini tak lepas dari kerjasama pemerintah Kalurahan Mulo dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) YKPN, Yogyakarta dalam bidang pendampingan penyusunan laporan keuangan unit pengairan BUMKal BANGUN KENCANA Kalurahan Mulo.

” Dalam Kerjasama ini, STIE YKPN mendampingi dari awal penyusunan hingga laporan diaudit oleh KAP ( Kantor Akuntan Publik )”, kata Sugiyarto, Selasa (23/03/2021) di ruang kerjanya kepada media WartaJogja.co.id.

Tidak hanya itu, kerjasama yang terjalin sejak tahun 2018 ini, STIE YKPN juga memfasilitasi pembentukan badan hukum yang terdaftar di Kemenkumham, terhadap Pamsimas yang dikelola oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat ( KKM ) selaku perwakilan masyarakat sebagai pemilik aset.

” Saat ini KKM kami telah memiliki SK dengan nama perkumpulan KKM Banyu Mili Sehat, menurut rencana laporan audit keuangan dan SK Kemenkumham tersebut akan diserahkan STIE YKPN kepada Bupati Gunungkidul kemudian akan diserahkan kepada Pemerintah Kalurahan Mulo”, sambung Lurah.

Dengan adanya susunan laporan yang telah diaudit ini, selaku pemerintah Kalurahan Mulo, Sugiyarto mengatakan bahwa manfaat kerjasama ini akan lebih mengedepankan ketrasparanan informasi dari pengurus BUMKal kepada masyarakat tentang laporan keuangan dari unit usaha yang dikelola, sehingga berdampak pada pelayanan yang lebih baik.

” Saya berharap, kerjasama semacam ini bisa menginspirasi kepada kalurahan yang lain, karena banyak manfaat yang diperoleh dari situ, khususnya dalam penyusunan laporan keuangan secara baik dan benar”, pungkas Sugiyarto.

( Yudhi )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *