Gunungkidul Darurat Covid-19, Lurah Banjarejo Himbau Agar Masyarakat Kurangi Kegiatan Yang Bersifat Massal - Warta Jogja

Gunungkidul Darurat Covid-19, Lurah Banjarejo Himbau Agar Masyarakat Kurangi Kegiatan Yang Bersifat Massal

410 0
Bagikan

WartaJogja.co.id || GUNUNGKIDUL— Fenomena penyebaran covid-19 di Kabupaten Gunungkudul dalam seminggu terakhir mengalami lonjakan signifikan, sejumlah klaster ditemukan, mulai dari acara syawalan, hajatan, bahkan hingga acara rasulan. Kondisi demikian dipengaruhi oleh mulai menurunnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokoler kesehatan.

Menanggapi hal ini, Lurah Banjarejo, Kapanewon Tanjungsari, Dwi Hariyanto buka suara. Dirinya menilai bahwa masyarakat  mulai jenuh dengan kondisi saat ini.

” Sangat disayangkan situasi saat ini masyarakat mulai mengabaikan perilaku patuh terhadap penerapan protokoler kesehatan, dimana hal ini dipengaruhi oleh menurunnya tingkat kesadaran terhadap ancaman penyebaran virus corona”, kata Dwi Hariyanto dalam kererangannya kepada Media WartaJogja.co.id Selasa (15/06/2021).

Menurut Dwi, peran pemerintah dalam mensosialisasikan himbauan dan aturan yang diberlakukan sudah maksimal, hal ini dirasakan olehnya, melalui PPKM mikro tingkat kalurahan, dirinya bersama satgas PPKM yang lain terus melaksanakan himbauan dan edukasi terhadap masyarakat, namun disisi lain terdapat oknum-oknum yang mempunyai kepentingan tertentu menggiring asumsi masyarakat sehingga tingkat kesadaran akan patuh terhadap penerapan protokoler kesehatan mengalami penurunan.

” Kondisi yang terjadi di lapangan, terdapat oknum-oknum yang terkesan cari muka di hadapan warga, dengan ungkapan yang bisa melemahkan kedisiplinan masyarakat, sehingga kegiatan yang menimbulkan kerumunan tidak bisa dihindari”, keluh Lurah Banjarejo.

Disinggung tentang oknum yang diungkapkan, Lurah Banjarejo tidak bersedia menyebutkan identitas oknum yang dimaksud.

” Ada lah oknum itu, tidak usah saya sebutkan”, imbuhnya singkat.

Lebih lanjut Dwi Haryanto berpesan terhadap semua pihak yang berada di lingkup pemerintahan, agar dalam memberikan informasi kepada masyarakat secara jelas dan tidak menimbulkan keresahan.

” Saya berharap jangan hanya pemerintah kalurahan saja yang selalu berbenturan dengan masyarakat, namun pemerintah di atas kami juga harus tegas dalam mengeluarkan aturan, sehingga upaya menekan laju penyebaran covid ini bisa efektif”, tutpnya.

 

Redaksi ( Yudhi )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *