Gencarkan Program GZSA, Pemkot Jogja Mampu Tekan Pembuangan Sampah Hingga 80 Ton Per Hari - Warta Jogja

Gencarkan Program GZSA, Pemkot Jogja Mampu Tekan Pembuangan Sampah Hingga 80 Ton Per Hari

93 0

Wartajogja.co.id || Jogjakarta — Pemerintah Kota ( Pemkot ) Jogja terus gencarkan Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA). Kegiatan ini mengalami tren positif di bulan Juni 2023 , Pemkot Jogja berhasil menekan volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan sebanyak 87 ton sehari – harinya. Dengan gerakan Pemkot Jogja , sebelumnya sampah bisa ditekan kisaran 75 ton per harinya. (11/07/23)

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja Ahmad Haryoko mengatakan bahwa pembuangan sampah di Kota Jogja ke TPA Piyungan berkisar 300 ton per hari, namun pada bulan  Juni 2023  sekitar 212 ton per harinya. Pihaknya juga membenarkan pembuangan sampah di Pemkot Jogja berkurang hingga 80an ton.

Penurunan ini bisa dilihat sebelum GZSA dan sesudahnya. Dengan kondisi seperti ini dipicu oleh beberapa hal, yaitu pertama komitmen masyarakat untuk melakukan program GZSA sangat cukup positif.  Dan juga terkait dengan cuaca yang sangat mendukung. Di bulan Juni kemarin musim kemarau , sampah yang dibuang ke TPA merupakan sampah kering semua .

Red  ( Whyoe )



Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *