Gelar Apel Siaga Jelang Masa Tenang, Bawaslu Gunungkidul Tegaskan Waspadai Pelanggaran - Warta Jogja

Gelar Apel Siaga Jelang Masa Tenang, Bawaslu Gunungkidul Tegaskan Waspadai Pelanggaran

97 0

WartaJogja.co.id || Gunungkidul — Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Gunungkidul menggelar apel siaga menjelang masa tenang di Aula Gedung Kesenian Gunungkidul, Kalurahan Baleharjo, Wonosari pada Jum’at ( 9/2/2024 ).

Apel siaga yang dihadiri jajaran Komisioner Bawaslu, Panitia Pengawas Kecamatan ( Panwascam ) dari 18 Kapanewon, perwakilan dari Partai peserta pemilu serta Lintas sektoral berlangsung secara khidmat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gunungkidul, Andang Nugroho dalam sambutannya menghimbau kepada semua jajaran untuk lebih mewaspadai potensi terjadinya pelanggaran dalam bentuk kampanye disaat memasuki masa tenang jelang pemilu yakni tanggal 11-13 Februari 2024.

” Kami menghimbau kepada seluruh jajaran untuk lebih meningkatkan intensitas pengawasan saat berakhirnya kegiatan kampanye, artiannya potensi terhadap pelanggaran sangat mungkin terjadi ketika telah memasuki hari tenang “, papar Andang.

Secara terperinci Andang menyebutkan jika potensi pelanggaran yang dimaksudkan adalah masih adanya kegiatan kampanye secara terselubung baik melalui door to door ataupun melalui media sosial.

” Black campaign mungkin sangat berpotensi terjadi diantaranya melalui medsos ataupun money politik mendekati hari H pemilu nanti “, ujarnya.

Pihaknya juga menegaskan, demi menjaga kondusifitas agar terlaksananya pemilu yang jujur dan adil, selain menjadi tupoksi Bawaslu, namun juga perlu adanya kesadaran dari berbagai pihak.

Saat disinggung terkait tindakan saat terjadi indikasi pelanggaran pemilu dari para peserta, Andang menegaskan tetap akan bekerjasama dengan aparat penegak hukum (APH) dalam memberikan penindakan serta koordinasi.

” Tentunya kami mengacu pada perundangan yang berlaku, yang kita tindak tentunya bukan hanya peserta pemilu namun juga panitia penyelenggara jika indikasinya terjadi pelanggaran kampanye “, ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Ketua Bawaslu Gunungkidul mengajak kepada segenap masyarakat Gunungkidul untuk menjaga suasana menjelang pemilu ini tetap aman dan kondusif.

” Kami berharap kepada segenap elemen masyarakat untuk tetap menjaga suasana menjelang pemilu tetap aman dan terkendali “, pungkasnya.

 

( Red/Yudhi )

 

 


Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *