Fasilitas Penunjang Kebutuhan Medis disediakan Oleh Negara, Namun Minim Tanggung Jawab dalam Perawatan - Warta Jogja

Fasilitas Penunjang Kebutuhan Medis disediakan Oleh Negara, Namun Minim Tanggung Jawab dalam Perawatan

444 0
Bagikan
WartaJogja.co.id ||GUNUNGKIDUL — Ada Beberapa fakta menarik terkait pemindahan Puskesmas sementara UPT Puskesmas Semanu II di rumah salah satu warga di Padukuhan Serpeng Kidul, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Gunungkidul. Salah satunya tidak ada petugas medis yang berjaga setelah selesainya jam pelayanan Puskesmas tersebut, sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan tidak ada orang yang bertanggungjawab di lapangan.
Menggunakan emperan rumah warga dengan sistem penyimpanan data rekam medis pasien yang tersimpan di almari yang tidak terkunci dan juga baju yang ditengarai sebagai baju praktek petugas medis saat melayani pasien, hanya digantung di sebuah paku di beberapa tempat.
Salah satu staf IT Puskesmas tersebut, Diana menjelaskan bahwa saat pemindahan Puskesmas tersebut sebelumnya diadakan sosialisasi dengan pemerintah dan warga setempat.
Diana mengatakan jika dalam sosialisasi tersebut terdapat poin yang menyebutkan bahwa warga masyarakat diminta bantuan untuk bersama menjaga aset data dan perlengkapan yang ada di rumah tersebut selama dijadikan puskesmas darurat.
” Sesuai kesepakatan sosialisasi terdapat poin yang menyebutkan bahwa warga di lingkungan sekitar diminta bantuannya untuk turut serta menjaga keberadaan puskesmas darurat ini bersama-sama”, kata Diana dalam keterangannya.

 

Foto: Suasana Puskesmas darurat yang lengang tanpa adanya Petugas jaga.
Saat penelusuran Media wartajogja.co.id di lapangan, masih dalam waktu kerja tepatnya hari Jum’at 19 Nopember 2021 pukul 13.10 WIB tak satu pun dari petugas medis yang berjaga di Puskesmas tersebut, yang nampak hanya peralatan medis dan APD petugas yang berserakan diatas meja kerja.
Nampak kursi tunggu antrian pasien yang sudah mulai berkarat sehingga terlihat kumuh tidak terawat.
Hal ini sangat disayangkan jika fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah dalam menunjang sarana dan prasarana di bidang kesehatan tidak dibarengi dengan tanggung jawab perawatan aset sesuai tupoksi yang ada di struktural UPT Puskesmas II Semanu.
Saat  dimintai penjelasan mengenai hal tersebut, Kepala UPT Puskesmas II Semanu, Hery Sudaryanto, S.Kep., MM enggan memberikan keterangan lebih lanjut.
( Redaksi )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *