Dukung Program " One Village One Product " , Kalurahan Bleberan Kembangkan Budidaya Jamur Tiram - Warta Jogja

Dukung Program ” One Village One Product ” , Kalurahan Bleberan Kembangkan Budidaya Jamur Tiram

629 0
Bagikan

WARTA JOGJA.CO.ID || GUNUNGKIDUL — Dalam rangka program ” One Village One Product ” , Pemerintah Kalurahan Bleberan , Kapanewon Playen mengembangkan budidaya jamur tiram yang akan mnunjang dan mendukung program satu desa satu produk. Dengan bermodalkan semangat, kemandirian dan kerjasama dengan Saemaul Undong Korea selatan, terus berupaya mengembangkan pemberdayaan masyarakat melalui budidaya jamur yang berada di 11 Padukuhan. (02/02/21)

Lurah Bleberan Supraptono mengatakan dengan bermodal sertifikat halal, PIRT dan juga pendampingan dari OPD ( Organisasi Perangkat Daerah ) terkait kelompok budidaya jamur amura dan juga petani jamur mampu mengembangkan budidaya jamur dan bisa memasok kebutuhan jamur di wilayah Kapanewon Playen dan harapanya bisa menjangkau Wilayah Kabupaten Gunungkidul. Selama ini tersedia jamur Fres dan juga hasil olahan jamur yang setiap hari ada dan bisa di beli langsung ke petani jamur atau melalui kelompok amura yang mengelola dan mengembangkan jamur tiram. Atas keberhasilan tersebut mampu menjadi pilihan wisata desa dan juga menjadi penopang kesejahteraan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui budidaya jamur tiram.

Melihat keberhasilan itulah menjadi salah satu alasan bagi Komunitas Janur Kuning Gunungkidul untuk mengunjungi dan ingin melihat langsung budidaya serta pengelolaan jamur tiram di Bleberan. Dalam kunjungan tersebut rombongan Komunitas Janur Kuning Gunungkidul dipimpin oleh Sugeng Apriyanto dan diterima langsung Lurah Bleberan beserta ulu – ulu dan juga ikut menanggapi dari kelompok pengelola budidaya jamur. Dalam kunjungan tersebut mereka antusias melihat lagsung kumbung jamur dan menikmati aneka olahan jamur yang sudah tersedia.

Pemerintah Kalurahan Bleberan berharap dengan adanya potensi kebutuhan jamur tiram di Gunungkidul yang masih kurang nantinya kelompok jamur amura bisa mensuplai dan memenuhi kebutuhan jamur di Gunungkidul yang selama ini masih banyak disuplai dari luar Gunungkidul dan menjadi ikon wisata desa yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberdayakan masyarakat.

Red ( Wahyu )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *