Dukung Bakat Anak, Ruang Anak Bekerjasama Dengan Langgeng Art Foundation Gelar Pameran Seni " Taman Bermain - Warta Jogja

Dukung Bakat Anak, Ruang Anak Bekerjasama Dengan Langgeng Art Foundation Gelar Pameran Seni ” Taman Bermain

727 0
Bagikan

WARTAJOGJA.CO.ID || YOGYAKARTA — Ruang Anak bekerjasama dengan Langgeng art Foundation mempersembahkan pameran seni Taman Bermain. Pameran dilaksanakan pada tanggal 05 – 28 Juni 2021 di Langgeng art Space. Pameran akan dibuka via streaming di Youtube, Ig dan zoom oleh Alissa Wakhid dan dilanjutkan dengan diskusi Bersama Citra Pratiwi selaku penulis pameran, Dio Pamola (dosen dan seniman) serta Maya Lestari (penulis dan direktur selingkar). Diskusi akan dipandu oleh Ni Made Purnama Sari (penulis puisi, esai). Acara streaming di buka pada pukul 15.00 Wib. ( 05/06/21 )

Ruang anak adalah komunitas yang menfasilitasi kebebasan berexpresi, berimajinasi dan membangun mimpi sesuai bakat dan kodrat anak. Dalam upaya mewujudkanya. Ruang Anak secara continue dan konsisten mengadakan beberapa kegiatan. Adapun kegiatan tersebut berupa pertama pameran karya anak sebagai sarana kampanye terhadap penghargaan karya anak. Pameran juga mengenalkan ke orang dewasa bahwa dunia seni anak tidak sekedar lomba mewarnai dan melukis. Kedua mengadakan workshop sebagai sarana peningkatan kapasitas. Ketiga, parenting sebagai upaya membangun kesadaran orang tua, lingkungan dan sekolah terhadap kebebasan anak berexplorasi, memilih dan menekuni minat dan bakatnya, kemerdekaan belajar sesuai dengan passionnya (konteks learning). Keempat visit studio seniman sebagai sarana edukasi seni.

” Harus diakui bahwa kita tidak memiliki kebiasaan mengajak anak melihat pameran seni, hal inilah yang bisa jadi mempersempit wawasan seni anak sebatas lomba. Guna menunjang kampanye dan menyebarluaskan nilai-nilai Ruang Anak, rencana kedepan Ruang Anak akan mengembangkan platform digital seni anak Indonesia (social media dan web). Ruang Anak terbuka bagi setiap anak dengan segala keragamannya baik secara minat, bakat, latar belakang “, jelas Alisa Wakhid.


Pameran kali ini mengambil tema Taman Bermain, sebuah tema yang dekat dengan keseharian anak-anak. Melalui tema ini, kami ingin melihat bagaimana anak mengintepretasikan taman bermainnya. Bisa jadi selama ini orang tua salah telah memaksakan konsep taman bermain kita terhadap anak. Jika seni adalah sarana komunikasi, barangkali lewat karya anak-anak ini akan muncul persamaan persepsi antara anak dan orang tua. Pameran kali ini diikuti oleh 50 anak dengan 70 lebih karya. Menariknya karya yang dipamerkan tak hanya berupa lukisan, ada foto, wayang, komik, instalasi dan sebagainya.

Ruang Anak berharap melalui pameran ini muncul kesadaran baru pada orang dewasa untuk menghargai karya anak. Dan utamanya kesadaran untuk memberi kebebasan anak berexpresi, berimajinasi, bermimpi sesuai dengan kodratnya. Barangkali apa yang mereka ekspresikan dan mimpikan tidak sesuai dengan apa yang orang tua inginkan. Tapi percayalah jika anak diberikan kebebasan melakukan apa yang mereka senangi, hasilnya akan maksimal. Semakin banyak anak berexplorasi maka semakin banyak pula pengetahuan yang didapatkan. Kuncinya beri anak kebebasan agar menemukan versi terbaik darinya.

Sebuah harapan agar Ruang Anak konsiten menjaga, merawat orisinalitas anak agar berkembang sesui bakatnya. Mari kita wujudkan Bersama dan sebagai wujud penghargaan atas karya anak, kami mengundang semua pihak untuk hadir dalam Taman Bermain di Langgeng Art Space.

 

Red ( Whyoe S )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *