Dua Pelaku Pembobol ATM Beraksi Di Bantul Berhasil Gondol Uang Senilai Rp 66 Juta - Warta Jogja

Dua Pelaku Pembobol ATM Beraksi Di Bantul Berhasil Gondol Uang Senilai Rp 66 Juta

33 0

WartaJogja.co.id ||BANTUL– WHN (45) warga Galur, Kulonprogo menjadi korban pencurian uang ATM dengan modus mengganjal ATM sehingga uang sebesar Rp 66 juta miliknya raib.

Peristiwa yang menimpa WHN tersebut terjadi pada Selasa, (17/10/2023) di wilayah Sewon, Bantul. Dalam peristiwa ini, dua pelaku yakni RE dan HS asal Sumatera Selatan berhasil diringkus Polisi sementara dua pelaku lain masih buron.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam keterangan tertulis saat ungkap kasus di Ruang Lobi Mapolres Bantul pada Kamis (2/11/2023)  menjelaskan jika awalnya WHN bermaksud mengambil uang di salah satu ATM wilayah Gabusan, Sewon, sekira pukul 06.30 WIB. Saat itulah korban berpapasan dengan seorang pria dan wanita keluar dari bilik ATM.

” Korban berpapasan dengan dua orang, laki-laki dan perempuan yang baru saja keluar dari bilik ATM sembari mengatakan jika ATM milik salah satu pelaku tertelan di mesin”, jelas I Nengah Jeffry kepada awak media.

Korban tak menghiraukan perkataan pelaku sembari berhasil melakukan penarikan uang tunai dari ATM miliknya sebesar Rp 2,5 juta, namun saat stelah selesai melakukan transaksi, kartu milik WHN tertelan di mesin ATM.

Salah satu pelaku sempat menawarkan bantuan kepada korban untuk membantu mengeluarkan kartu dari mesin ATM dengan memencet tombol merah dan kuning secara bersamaan kemudian WHN disuruh untuk memasukkan PIN miliknya.

Pelaku berpura-pura mengelabuhi korban dengan menawarkan bantuan untuk mengeluarkan kartu ATM korban, meski sempat mencoba beberapa kali kartu tersebut tetap tidak bisa keluar dari dalam mesin”, lanjutnya.

Beberapa saat kemudian setelah mendapatkan nomor Pin ATM milik Korban, laki-laki tersebut kemudian keluar meninggalkan korban dari dalam bilik. Korban berusaha menghubungi Customer Service Bank BRI dengan maksud melaporkan hal yang menimpanya namun tidak tersambung.

“Karena kartu yang tertelan di mesin ATM tidak bisa dikeluarkan, kemudian korban menghubungi istrinya untuk pergi ke kantor bank terdekat dengan tujuan agar pihak bank memblokir sementara rekeningnya”, ungkap Jeffry.

Korban kaget karena dirinya mendapatkan notifikasi melalui M banking bahwa terdapat dana yang keluar dari saldo rekening miliknya, lantas korban melakukan pengecekkan kepada pihak bank dengan meminta dicetakkan rekening koran, dan benar saja jika telah terjadi penarikan saldo dari rekening korban sebesar Rp 66 juta Rupiah. Atas kejadian tersebut, WHN kemudian melapor ke Polsek Sewon.

Menindaklanjuti atas laporan korban, Unit Reskrim Polsek Sewon bekerjasama dengan Polres Bantul melakukan Penyelidikan dengan berdasarkan keterangan sejumlah saksi dan rekaman CCTV di TKP.

Upaya keras pihak kepolisian akhirnya membuahkan hasil, pada Rabu 18 Oktober 2023 dua tersangka yakni HS dan RE berhasil diringkus di wilayah Klaten,Jawa Tengah.

Dari komplotan ini memiliki peran berbeda, HS dan RE yang telah kita amankan berperan membantu calon korban sembari mendapatkan nomor PIN, sementara untuk dua pelaku lain yakni R dan ES bertugas memasang ganjal di mesin serta mengambil kartu ATM calon korbannya saat ini dalam pencarian “,tandasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman pidana 7 tahun penjara.

 

(Red/Yudhi)

 

 


Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *