Disbud DIY Gelar Lomba Puisi, Cerpen, dan Naskah Lakon dengan Tema ‘Sumbu Filosofi Jogja’ - Warta Jogja

Disbud DIY Gelar Lomba Puisi, Cerpen, dan Naskah Lakon dengan Tema ‘Sumbu Filosofi Jogja’

78 0

Wartajogja.co.id || Sleman — Rangkaian workshop penulisan puisi, cerpen dan naskah lakon dalam rangka Temu Karya Sastra ‘Daulat sastra Jogja’ Tahun 2023 telah diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY pada hari selasa-jumat (03-06 Oktober 2023) di Hotel Griya Persada Kaliurang Sleman Yogyakarta. Tahapan awal ini berupa workshop penulisan kepada 60 peserta yang sudah diseleksi dalam tiga kelas penulisan, yakni puisi, cerpen dan lakon. Para peserta mendapatkan bimbingan intensif dari para narasumber dan pendamping kelas. Ini untuk mengupgrade peserta yang diutus dari sanggar atau komunitas sastra yang ada di Yogyakarta.?(10/10/23)

 

Setya Amrih Prasaja Kasie Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan DIY mengatakan workshop penulisan dikemas dengan bentuk kemah sastra, sehingga peserta menginap menyelesaikan penulisan karya sastra, di kelas puisi bersama narasumber Giri MC dan Mutia Sukma, cerpen digawangi Ken Teratai dan Ruwi Meita, dan naskah lakon bersama Ikun SK dan Naomi Srikandi. Hasil workshop berupa tulisan dari peserta akan diterbitkan dalam bentuk buku antologi puisi, cerpen, lakon yang akan diterbitkan tahun selanjutnya, setelah melalui tahapan editing dan lay out.

Kelanjutan dari rangkaian temu Karya Sastra ini juga diselenggarakan Lomba Penulisan Sastra; Puisi, Cerpen, dan Naskah Lakon. Untuk ketentuan teknis lombanya yakni; karya diketik dalam microsoft word, font arial 11 di kertas A4, margin tepi 3 cm, spasi 1.5, maksimal 5 halaman. Tema lomba adalah ‘Sumbu Filosofi Jogja’, untuk puisi bisa 1-5 judul yang penting totalnya 5 halaman, kemudian cerpen dan naskah lakon 1 babak masing-masing maksimal 5 halaman. Setiap peserta hanya bisa mengirimkan 1 karya di 1 lomba yang dipilihnya. Deadline pengumpulan karya 14 Oktober 2023 pukul 23.59 wib di tautan sebagai berikut : https://bit.ly/kompetisi-puisi-TKS (untuk lomba puisi), https://bit.ly/kompetisi-cerpen-TKS (untuk cerpen), dan https://bit.ly/kompetisi-naskah-lakon-TKS (untuk naskah lakon).

 

“Untuk lomba penulisan sastra ini, bisa diikuti oleh peserta usia 16-21 tahun yang berdomisili di DIY, tidak hanya yang mengikuti workshop penulisan, tapi juga dari luar peserta workshop ” , jelasnya.

 

Pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah akan disampaikan pada hari Jumat (27/10/23) pukul 15.00 wib di Plataran Joko Pekik Sembungan Bantul. Dua hari sebelumnya, tanggal 25 dan 26 juga ada pementasan sastra, sejak hari Rabu sudah ada pameran sastra di komplek Plataran Joko Pekik. Peserta workshop yang menulis karya sastra; puisi, cerpen, naskah lakon, nantinya akan di bagi 3 kelompok pementasan sastra selama 3 hari.

 

Selanjutnya bagi calon peserta yang ingin bertanya lebih lanjut bisa menghubungi kontak panitia Dinas Kebudayaan DIY Noviani Lestari di WA +62 813-3980-3982.

 

Red ( Whyoe )



Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.