CV.Donny Java Creative Bareng ASMINDO Bekerjasama dengan Balai Diklat Industri Yogyakarta Adakan Diklat 3 In1 Operator Finishing Furniture Angkatan Keempat - Warta Jogja

CV.Donny Java Creative Bareng ASMINDO Bekerjasama dengan Balai Diklat Industri Yogyakarta Adakan Diklat 3 In1 Operator Finishing Furniture Angkatan Keempat

394 0
Bagikan

WartaJogja.co.id||GUNUNGKIDUL–Untuk keempat kalinya, Cv.Donny Java Creative dan Asosiasi Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) bekerjasama dengan Badan Diklat Industri Yogyakarta melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) 3 in 1 Operator Finishing Furniture angkatan ke-4 yang dilaksanakan di Kalurahan Pulutan, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul, pada Rabu (07/04/2021).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Balai Diklat Industri Yogyakarta, Tevi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul, Johan Eko Sudarto, Ketua ASMINDO Yogyakarta beserta Jajaran pengurus DPP ASMINDO, Panewu Wonosari, Drs.Siswanto, Lurah Pulutan, Rusmiyanto, Dukuh se Kalurahan Pulutan dan peserta diklat.

Menurut Kepala Balai Diklat Industri Yogyakarta, Tevi mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya langkah awal mencetak tenaga-tenaga ahli di bidang finishing furniture.

” Kami mendorong dengan adanya diklat ini sebagai salah satu langkah dalam upaya peningkatan kualitas tenaga kerja di Gunungkidul khususnya dan Indonesia pada umumnya”, terang Tevi.

Sementara itu, Dion yang bertindak sebagai assesor trainer Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri ( BPSDMI ) Kementerian Perindustrian melalui diklat ini menyampaikan komitmen bahwa kerjasama antara Balai Diklat Industri Yogyakarta dan ASMINDO berkeinginan untuk meningkatkan kualitas standarisasi tenaga kerja industri berbasis nasional.

” Menyelenggarakan pelatihan 3 in1 berbasis kompetensi sebagai upaya persiapan tenaga kerja industri kompeten sesuai kebutuhan industri, sekaligus menekan jumlah pengangguran”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Dion menambahkan penyelenggaraan diklat 3 In1 sebagai langkah penanggulangan dampak pandemi Covid-19 melalui penyerapan tenaga kerja dan pengurangan PHK di sektor Industri.

Standar diklat ini mengacu pada Sistem Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI ) bidang industri yang telah ditetapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja Indonesia, dengan maksud setiap unit kompetensinya melalui pengujian kemudian mendapatkan sertifikat keahlian yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Standarisasi Profesi ( BNSP ) sebagai badan independen yang didirikan oleh pemerintah dan dunia usaha untuk menyusun standar profesi industri maupun sektor profesional lainnya.

Diklat ini terdiri dari diklat produksi furniture, diklat design, kontruksi dan diklat finishing furniture.

” Kami LPK ASMINDO, sebagai pelaksana kegiatan ini, berpesan kepada para peserta diklat, agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena ini merupakan bekal untuk meningkatkan diri dalam memasuki dunia pasar kerja”,pungkas Dion dalam menyampaikan materinya.

 

( Redaksi )

 

 

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *