Bertemu dengan Wali Santri SMP VIP Pesawat, Ketua YAHASBI Berikan Motivasi Nyantri - Warta Jogja

Bertemu dengan Wali Santri SMP VIP Pesawat, Ketua YAHASBI Berikan Motivasi Nyantri

341 0
Bagikan

Wartajogja.co.id || Kulonprogo — Pengelola SMP VIP Pesawat Wates, hari ini, Kamis (7/7/2022) menggelar pertemuan orang tua/wali santri untuk pertama kalinya sejak pengumuman penerimaan santri SMP VIP Pesawat ditutup pada akhir Mei 2022. (08/07/22)

Temu wali tersebut dihadiri sekitar 49 orang tua/wali ini berlangsung di aula SMP VIP Pesawat sejak pagi hingga siang hari dengan mengagendakan acara sosialisasi nyantri bagi siswa SMP dan ketentuan-ketentuan yang perlu diperhatikan saat memasuki sekolah sekaligus mondok di Pesantren al-Quran Wates atau Pesawat.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu Wakil Kepala SMP VIP Pesawat, M. Dzakiyyul Hikam dalam kesempatan bicara. “Pesantren ini sejak semula melatih putra-putri Bapak/Ibu untuk laku prihatin dengan tidak mengijinkan Bapak/Ibu untuk menjenguk putra-putrinya selama 40 hari. Biarlah mereka beradaptasi dengan situasi pesantren ini, semoga bisa kerasan”, kata Hikam.

“Aturan yang lain perlu kami sampaikan kepada Bapak/Ibu untuk tidak membawakan handphone dan/atau alat komunikasi lainnya selama nyantri di Pesawat. Ini semata-mata untuk mendidik putra-putri Bapak/Ibu bisa fokus ngaji dan belajar di lembaga berbasis agama ini. Bagi Bapak/Ibu yang menginginkan bertemu putra-putrinya boleh-boleh saja, asalkan selepas 40 hari dan ke depan bisa dijenguk 2 (dua) minggu sekali, tambah Hikam.

Sementara itu, ketua Yayasan Abi Hasan Tholabi atau Yahasbi, H. Achmad Su’adi saat menyambut kehadiran wali santri ikut bertanya dan berpesan. “Apakah Bapak/Ibu ridho bila putra-putrinya belajar di pesantren, dididik dengan aturan pesantren termasuk diluruskan bila dalam bergaul di pesantren melakukan kesalahan, tanya KH. Achmad Suadi. Sontak, dengan pertanyaan H. Achmad Su’adi, para orang tua/ wali santri yang hadir menjawabnya dengan mengatakan ya.

H. Achmad Suadi yang juga pengasuh Pondok Pesawat ini melanjutkan, “Bila Bapak/Ibu ridho insyaallah kami juga ikhlas akan memberikan semampu kami dan mohon dibantu dengan doa. Kami berpesan, bila Bapak/Ibu menginginkan putra-putri yang cerdas sebagai orang tua berpuasalah pada hari lahirnya (neton, red), kalau tidak mampu berpuasa, bersedekahlah kepada orang yang membutuhka sebelum datangnya pagi. Selain itu bacakanlah al-fatihah setelah shalat fardhu dikhususkan untuk putra/putri panjenengan dan yang tak kalah pentingnya adalah Bapak/Ibu harus menjaga lisan dengan kata-kata yang baik dan santun”, pesan KH. Achmad Suadi.

Pertemuan pertama yang digagas SMP VIP Pesawat tersebut menjadi ajang silaturahmi antara orang tua/wali dan guru memberikan ruang berarti dan menambah kemantapan mereka untuk menyantrikan putra-putrinya di Pesawat. Pada Tahun ajaran 2022/2023 ini ada 4 (empat) rombel masing-masing berjumlah 28 santri yang nantinya akan dikelola oleh civitas akademika SMP VIP Pesawat.

Red (reem)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *