Bersama BPBD, Kalurahan Pringombo Gelar Simulasi Tangguh Bencana - Warta Jogja

Bersama BPBD, Kalurahan Pringombo Gelar Simulasi Tangguh Bencana

186 0
Bagikan

WartaJogja.co.id || GUNUNGKIDUL — Puncak acara pelatihan Kalurahan Tanggap Bencana  ( Kaltana ) yang diselenggarakan Pemerintah Kalurahan Pringombo bersama BPBD Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, BPBD Kabupaten Gunungkidul, PMI, Unit Pemadam Kebakaran ( Damkar ) Kabupaten Gunungkidul, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul ditutup dengan kegiatan Gladi simulasi tangguh bencana, Kamis ( 19/05/2022 ).

Materi kegiatan yang diselenggarakan selama 10 hari ini merupakan serangkaian pelatihan yang diberikan oleh pihak terkait terhadap masyarakat Kalurahan Pringombo yakni dimulai dengan pengenalan kebencanaan, diskusi kelompok, identifikasi kebencanaan, penanganan bencana, tanggap darurat, upaya evakuasi dan penyelamatan serta gladi posko simulasi bencana banjir.

Lurah Pringombo, Ermina Kristiani Susanti dalam keterangannya mengatakan bahwa pelatihan semacam ini sangat perlu bagi Tim Kalurahan dan masyarakat, sehingga dengan pelatihan ini bisa mendapatkan pengetahuan berupa teori dasar terkait kebencanaan dan penanganannya.

” Ini merupakan langkah awal sebagai upaya menjadi sebuah kalurahan yang tanggap dan tangguh bencana, kita tidak mengharapkan bencana itu datang, akan tetapi melalui pelatihan ini, kewaspadaan serta pengetahuan tentang kebencanaan dan cara penanganannya telah kita dapatkan sebagai teori dasar ,” kata Ermina.

Foto: Lurah Pringombo Ermina Kristiani saat penutupan kegiatan pelatihan Kalurahan Tangguh Bencana.

Lebih lanjut Ermina menambahkan bahwa BPBD Propinsi D.I. Yogyakarta dan BPBD Kabupaten Gunungkidul memberikan apresiasi terhadap Kalurahan Pringombo, karena merupakan satu-satunya kalurahan di Kapanewon Rongkop yang mengadakan kegiatan ini.

” Tentunya kegiatan ini nantinya bisa diikuti oleh kalurahan yang lain se-Kapanewon Rongkop, dengan harapan setelah adanya pelatihan ini masyarakat lebih dini dalam hal tanggap bencana baik dalam melaporkan dan penanganannya “, lanjutnya.

Dengan adanya pelatihan tanggap bencana ini mampu memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan serta kesiapsiagaan menjadikan Kalurahan Pringombo sebagai Kalurahan Tangguh Bencana.

( Red/Bowo )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *