Berbagi Kasih 8 - Putri Maharani & The Tinies: Berbagi Keceriaan dan Kesederhanaan dalam Tradisi Makan Bersama - Warta Jogja

Berbagi Kasih 8 – Putri Maharani & The Tinies: Berbagi Keceriaan dan Kesederhanaan dalam Tradisi Makan Bersama

423 0
Bagikan

Wartajogja.co.id || Yogyakarta –Gerakan Indonesia Kembali adalah sebuah gerakan spontan berawal dari para pemerhati seni di Yogyakarta, merespon pandemi Covid-19. Program Indonesia Kembali yang saat ini masih berlangsung, adalah apresiasi lagu “Berbagi Kasih” ciptaan Yulianto Suwarno (Kenyut Kubro). Lagu ini digarap oleh beberapa musisi untuk diaransemen dan dibawakan sesuai dengan ciri-ciri dan karakter tiap-tiap penggarapnya. Kali ini, Indonesia Kembali merilis Berbagi Kasih versi ke-8, dari Putri Maharani & The Tinies dari Yogyakarta.(13/12/21)

Putri Maharani & The Tinies terdiri dari Putri Maharani sebagai Music Director, Arranger, dan Vocalist, Tipo Alvinza Steven sebagai Arranger, Guitarist, dan Bassist, Nikolas Antares sebagai Music Producer, dan Milka Eime sebagai Pianist. Mereka mengapresiasi lagu Berbagi Kasih dengan gaya swing blues yang ceria dan terdengar ringan, meski sebenarnya mengandung permainan nada yang rumit. Ini menambah kekayaan warna musik di antara 7 versi yang telah rilis sebelumnya.

Klip video dibuat dengan suasana keceriaan yang sama. Lirik dan nada Berbagi Kasih diterjemahkan ke penggambaran tradisi potluck, kegiatan pertemuan komunal dimana setiap tamu (individu maupun kelompok) menyumbangkan dan membawa makanan yang berbeda, biasanya buatan sendiri, untuk dinikmati bersama-sama. Tradisi ini juga ditemukan di Jawa, dikenal dengan istilah kembul bujana, makan bersama-sama di tempat yang sama, bahkan di wadah yang sama (piring atau tampah) jika memungkinkan. Biasanya dilakukan keluarga atau masyarakat dalam rangka kegiatan adat atau acara mengucap syukur. Demikian pula bajamba, bancakan, babarit, bathu, megibung, patita, dan masih banyak peristiwa kebersamaan lainnya di Nusantara.

Penggarapan klip video ini bekerja sama dengan Andri dari Melting Pot Yogyakarta; dan Thenny Feliciano – yang menariknya, adalah bagian dari tim Tanjung Pinang dimana tim tersebut akan ikut mengapresiasi lagu Berbagi Kasih di versi ke-9 nantinya.

Klip video Berbagi Kasih dari Putri Maharani & Tinies, dapat disimak melalui link berikut ini:
https://youtu.be/4UyCt-Tu6nk

Red ( Whyoe / Raras )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *