Basarnas Yogyakarta Sukses Sabet Juara 1 di Final Urban SAR Challange 2023 - Warta Jogja

Basarnas Yogyakarta Sukses Sabet Juara 1 di Final Urban SAR Challange 2023

166 0

Wartajogja.co id || Yogyakarta — Kantor SAR Yogyakarta meraih juara pertama dalam final Urban SAR Challange 2023 yang diselenggarakan dalam rangka Hut ke-51 Basarnas, Sabtu (4/3/2023) di lapangan Kantor Pusat Basarnas. Sementara itu juara 2 diraih Kantor SAR Palu, juara 3 Biak, harapan 1 Mamuju, harapan 2 Jambi, dan harapan 3 Kendari. Acara yang berlangsung bersamaan dengan Family Gathering disaksikan langsung oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi didampingi Ketua DWP Basarnas Santi Henri Alfiandi beserta Pimti Madya dan Pratama serta seluruh keluarga besar Basarnas.

Pada final kali ini station urban SAR menjadi penentu dimana ke-enam finalis harus menyelesaikan tahapan-tahapan dalam mengevakuasi korban. Adapun yang menjadi penilaian yakni penggunaan APD, Donning SCBA, Packing Patient, Mechanical Advantage System
(MAS) 6:1, evakuasi korban di ruang terbatas, sampai transfer korban ke ambulance.

Sebelumnya Kantor SAR Yogyakarta beserta kelima peserta lainnya telah mengikuti seleksi yang diikuti seluruh Kantor SAR. Hasilnya terdapat 9 Kantor SAR yang berhasil masuk ke babak semifinal mewakili regional Barat, Tengah, dan Timur. Berlangsung di Balai Diklat Basarnas, Kamis (2/3/2023) lalu pada babak semifinal para peserta diminta menyelesaikan 3 station yakni tali simpul dan MAS, SCBA dan INSARAG marking, serta packing patient. Setelah menyelesaikan 3 station, terdapat 6 Kantor SAR terbaik yang lolos ke final yakni Yogyakarta, Palu, Biak, Mamuju, Jambi, dan Kendari.

Urban SAR Challenge diselenggarakan sebagai sarana untuk menguji kesiapsiagaan personil khususnya rescue, yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan fisik dalam rangka mewujudkan rescuer yang profesional.

( Redaksi )


Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *