Basarnas Yogyakarta Siagakan 72 Personil Khusus Lebaran Tahun 2023 - Warta Jogja

Basarnas Yogyakarta Siagakan 72 Personil Khusus Lebaran Tahun 2023

77 0

Wartajogja.co.id || Bantul — Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan memulai Siaga SAR Khusus Lebaran 2023/1444 H menghadapi Arus mudik. Bertempat di halaman Kantor Basarnas Yogyakarta Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi, S.E memimpin apel sekaligus membuka secara resmi siaga SAR khusus lebaran 2023/1444 H serta melepas secara simbolis pemberangkatan Personil. Apel Siaga SAR Khusus Lebaran 2023/1444 H diikuti oleh seluruh personil Kantor Basarnas Yogyakarta. Dalam kesempatan kali ini kepala Kantor Basarnas Yogyakarta membacakan sambutan dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi. (13/04/23)

Siaga SAR Khusus lebaran 2023/1444 H akan dilaksanakan selama 20 hari yang dimulai hari ini 13 april-3 mei 2023 diKantor pusat Jakarta dan seluruh Kantor Basarnas di seluruh indonesia. Prediksi puncak arus mudik akan terjadi tanggal 19-21 april 2023 sedangkan puncak arus balik gelombang pertama diperkirakan tanggal 24-25 april 2023 dan gelombang ke dua pada 30 april-1 mei 2023. Siaga SAR Khusus Lebaran memang agenda rutin namun harus mampu menjawab potensi ancaman kedaruratan yang mungkin terjadi terutama di pelabuhan penyebrangan,ruas jalan tol dan lokasi pariwisata yang menjadi titik kumpul masyarakat.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi, S.E mengatakan Kantor Basarnas Yogyakarta menerjukan seluruh personil berjumlah 72 personil untuk Melaksanakan Siaga SAR Khusus lebaran 2023/1444 H baik di Kantor Basarnas Yogyakarta di Sedayu,Pos Basarnas Gunungkidul dan Unit Siaga Kulonprogo. Rencana Pergerakan personil dan peralatan Siaga SAR Khusus Lebaran 2023/1444 H ini sebagai Posko Induk Kantor Basarnas Yogyakarta,Untuk Patroli mobile menggunakan Dmax yang dilengkapi Peralatan ekstrikasi korban kecelakaan terjepit body kendaraan,tas medis dan peralatan evakuasi lainnya dengan rute Pos Gab pelemgurih-tempel-stasiun tugu-stasiun lempuyangan dan kembali ke Kantor Basarnas.

Pos Basarnas Gunungkidul tanggal 13-22 melaksanakan patroli mobile dengan rute Pos basarnas gunungkidul-Prambanan-Bandara Adi Sutjipto,untuk tanggal 23-25 april Pos Basarnas gunungkidul melaksanakan patroli mobile di pantai indrayanti dan tanggal 26 april-1 maret melaksanakan patroli mobile di kawasan wisata pantai di wilayah Gunungkidul. Peralatan yang di gunakan  1 unit Rescue Car dan 1 unit Rescue Car Compartement yang dilengkapi alat ekstrikasi untuk evakuasi korban laka lantas dengan terjepit body kendaraan,medical bag dan alat evakuasi lainnya, sedangkan untuk Unit Siaga Basarnas Kulonprogo tanggal 13-22 april dan tanggal 2-3 mei dilaksanakan Patroli mobile dengan rute sepanjang jalan Propinsi wates-purworejo,UPPKB Kulwaru dan Bandara YIA.Tanggal 23 april-1 mei 2023 Patroli Mobile di Bandara YIA dan obyek wisata pantai diwilayah kulonprogo. Alut yang digunakan 1 kendaraan Rescue Car Compartement yang dilengkapi alat ekstrikasi untuk evakuasi korban laka lantas dengan terjepit body kendaraan,medical bag dan alat evakuasi lainnya.

Selain Melaksanakan Patroli Mobile Kantor Basarnas Yogyakarta juga membuka Posko Gabungan Siaga SAR Khusus lebaran 2023/1444 H di Perempatan Pelemgurih Gamping kab.Sleman. Posko Gabungan ini di stanby kan 4 personil Basarnas yang dilengkapi kendaraan 1 unit Rescue carrier yang didalam nya terdapat alat ekstrikasi untuk evakuasi korban laka lantas dengan terjepit body kendaraan,medical bag dan alat evakuasi lainnya. Posko Gabungan Siaga SAR khusus lebaran di Pelemgurih akan bersinergi dengan Potensi SAR dan organisasi Masyarakat. Posko Gabungan Siaga SAR Khusus Lebaran Pelemgurih dimulai tanggal 13 april-3 mei 2023. Kantor Basarnas Yogyakarta juga membuka Pos Gabungan Siaga SAR Khusus lebaran 2023/1444 H Pantai di wisata pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. Posko Gabungan pantai ini Basarnas bersinergi dengan Ditpolair Polda DIY,Sarsatlinmas wilayah 3 Parangtritis dan potensi SAR. Posko Gabungan Siaga SAR khusus pantai ini dimulai 15 April-1 Mei 2023. Posko Gabungan Siaga SAR Khudus lebaran pantai parangtritis dilengkapi dengan 1 unit Rescue Car,perahu karet,beach patrol,motor trail dan perlengkapan Water Rescue. Kantor Basarnas Yogyakarta juga membuka Pos Siaga Jetsky dipantai Indrayanti Kabupaten Gunungkidul. Sebanyak 4 personil akan bersiaga mulai tanggal 23-25 april 2023.Perkiraan pada tanggal 23-25 april menjadi puncak para wisatawan berwisata dipantai pantai destinasi wisata di kab.Gunungkidul. Kantor Basarnas Yogyakarta akan bersinergi dengan Sarsatlinmas wilayah 2 Baron.Peralatan yang di siagakan 2 unit Jetsky,dan 1 unit Truk ATV.

Dalam sambutannya Kabasarnas yang dibacakan oleh Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta memerintahkan kepada Kepala Kantor Basarnas di seluruh indonesia diantaranya menempatkan kapal dan alut air dilokasi strategis di Pelabuhan penyebrangan dan bekerjasama dengan otoritas pelabuhan, aktif mensosialisasikan dan memonitor keselamatan penumpang kapal. Waspadai titik simpul kemacetan lalu lintas khususnya dijalan tol sebagai upaya deteksi dini jika terjadi kedarutan luar biasa menimpa pemudik yang rentan keselamatannya terjebak dalam kemacetan ekstrem seperti ibu hamil,lansia,anak-anak dan pemudik sakit , Laksanakan Evakuasi udara jika diperlukan, melaksanakan patroli dan pemantauan dilokasi pariwisata/keramaian terutama wisata Bahari/air . Memastikan papan peringatan tanda bahaya terpasang dengan baik dan melibatkan potensi SAR yang telah terlatih untuk mendukung pemantauan. Update info cuaca,waspadai daerah rawan banjir,tanah longsor,angin kencang , jika terjadi hujan lebat dan cuaca ekstrem segera siagakan tim evakuasi. Memastikan kesiapan alat maupun peralatan pendukung selalu dalam keadaan bersih dan siap digunakan operasi. Dan yang terakhir jaga profesionalisme dan sinergitas yang baik dengan seluruh potensi SAR dalam melaksanakan siaga SAR khusus.

Red ( Whyoe S)



Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.