Basarnas Yogyakarta Gelar Rakor Operasi Urban SAR Bencana Gempa Bumi - Warta Jogja

Basarnas Yogyakarta Gelar Rakor Operasi Urban SAR Bencana Gempa Bumi

68 0

Wartajogja.co.id || Yogyakarta — Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan Propinsi di Indonesia yang mempunyai potensi terjadi bencana alam Gempa Bumi, hal ini di karenakan DIY terdapat sesar aktif yaitu sesar opak yang sewaktu-waktu dapat terjadi gempa Bumi. Maka dari itu Kantor Basarnas Yogyakarta mengadakan Rakor SAR dengan tema “Operasi Urban SAR dalam Penanganan Bencana Gempa Bumi di Wilayah Yogyakarta”. Rakor yang dilaksanakan Bertempat di Hotel Cavinton Yogyakarta. (7/11/2023)

 

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno, S.E., M.M dalam sambutannya mengatakan pada kegiatan rapat koordinasi SAR sekaligus Komitmen bersama penyusunan dokumen rencana Kontigensi Respons Kedarutan Operasi SAR pada Bencana Gempa Bumi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kantor Basarnas Yogyakarta selaku kepanjangan tangan Basarnas mengemban amanat untuk memberikan pelayanan jasa Pencarian dan Pertolongan di wilayah DIY dan sekitarnya,termasuk dalam hal Koordinasi dan pembinaan unsur potensi SAR dari instansi/organisasi sebagai mitra strategis Basarnas. Basarnas bertugas mengkordinir Klaster SAR dalam penanggulangan bencana bersama TNI sebagai wakil wakil Kordinator. Tujuan kegiatan SAR adalah mencari korban,memberikan pertolongan pertama,membantu dan mengevakuasi korban untuk pertolongan medis lebih lanjut. Dalam mengkoordinasikan klaster ini Basarnas di dukung penuh oleh Pemerintah,masyarakat,akademisi,pelaku usaha dan Media sebagai potensi SAR dalam hal SDM,Aset SAR dan Teknologi sehingga fungsi SAR semakin Kuat. Setelah Memberikan Sambutan Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan membuka Resmi Rakor SAR.

Rakor SAR 2023 kali ini juga di menghadirkan Narasumber,ketiga Narasumber yang di hadirkan yaitu bapak Budiarta,S.Si,S.Stat – BMKG, Dr. Indranova Suhendro, S.T., M.Sc. – PSBA UGM dan Wahyudi L Putra-PKPP Ahli Muda Direktorat Operasi Basarnas Pusat. Selain menghadirkan Narasumber Rakor Kali ini juga ada sesi tanya jawab dan diskusi kelompok terkait Rencana Kontigensi Respons Kedaruratan Operasi Urban SAR pada Bencana Gempa Bumi di DIY. Untuk Peserta Rakor SAR 2023 kali ini mengundang 75 Peserta yang terdiri dari TNI,Polri,BPBD,Instansi Pemerintah, Akademisi dan Organisasi masyarakat yang ada di DIY.

 

Red ( Whyoe )



Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *