Area Tambang Pasir Setinggi 75 Meter Runtuh, Lima Penambang Tertimbun Longsoran Material - Warta Jogja

Area Tambang Pasir Setinggi 75 Meter Runtuh, Lima Penambang Tertimbun Longsoran Material

498 0
Bagikan

WartaJogja.co.id || MAGELANG–Peristiwa memilukan terjadi di area penambangan pasir Galian C, Sungai Bebeng, Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, tambang tersebut mengalami runtuh pada Sabtu (17/04/2021) sekira pukul 10.00 WIB.

Dalam peristiwa ini, tiga orang dinyatakan meninggal di lokasi kejadian akibat terkubur longsoran material pasir setinggi 75 meter yaitu Sardi, Sugeng, dan Sujarwo sementara Suroto mengalami luka ringan dan Yumari mengalami luka berat di sekujur tubuhnya.

Yaswoto (49) bersama Istiyar (40) keduanya warga Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kecamatan Magelang, mengisahkan awal kejadian bermula sekira pukul 07.00 WIB keduanya berangkat dari rumah untuk mulai bekerja di area tambang, sesampainya di lokasi mereka melihat kelima korban sudah mulai bekerja.

” Sekira pukul 10.00 WIB tiba-tiba terdengar suara gemuruh berasal dari area yang di tambang oleh sugeng dan keempat rekannya, kejadiannya begitu cepat,tebing material pasir setinggi 75 meter menimpa kelima orang yang sedang beraktivitas menambang”, terang Yaswoto.

Melihat kejadian ini, sontak Yaswoto dan Istiyar bersama penambang yang lain segera mendekati lokasi guna memastikan kondisi rekan mereka yang tertimbun material.

” Saat mendekati lokasi kejadian, kami melihat Yumari dalam kondisi luka berat, kemudian bersama rekan yang lain berusaha memberikan pertolongan”, imbuhnya.

Setelah satu korban ditemukan, upaya evakuasi terhadap keempat korban mengalami kendala akibat banyaknya volume timbunan pasir yang runtuh sehingga proses pencarian keempat korban yang lain harus menggunakan alat berat Bakhoe hingga memakan waktu hampir 6 jam.

Sekira pukul 14.00 WIB, satu korban atas nama Sardi ditemukan dalam kondisi  meninggal dengan luka berat di bagian kepala dan kedua kaki hancur, sementara upaya evakuasi korban yang lainnya berakhir setelah  diketemukan dua jasad dalam posisi tertelungkup diduga adalah jasad Sugeng dan Sujarwo sementara Suroto hanya mengalami luka ringan.

Berikut identitas korban timbunan longsor material pasir Kali Bebeng, Srumbung, Magelang :

1. Suroto (45) alamat Kanigoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, mengalami luka ringan.

2. Yumari (54) alamat Dusun Bacinan, Desa Jamus Kauman, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, mengalami luka berat.

3. Sujarwo (55) alamat Semen, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, meninggal dunia di lokasi kejadian.

4. Sardi (46) alamat Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, meninggal di lokasi kejadian.

5. Sugeng (45) alamat Dusun Tompen, Desa Pandanretno, Kecamatan Srumbung, Magelang, meninggal dunia di lokasi kejadian.

Setelah upaya evakuasi berhasil, kelima korban luka maupun korban meninggal kemudian dibawa ke RSUD Muntilan untuk mendapatkan penanganan medis.

Mengenai peristiwa tersebut, saat ini masih dalam penyelidikan jajaran Polres Magelang.

 

(Redaksi)

 

 

 

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *