Antonov Pesawat Charter Cargo Super Besar Milik Ukraina Sukses Landing di YIA Kulonprogo - Warta Jogja

Antonov Pesawat Charter Cargo Super Besar Milik Ukraina Sukses Landing di YIA Kulonprogo

212 0
Bagikan

WartaJogja.co.id||KULONPROGO– Pesawat kargo Charter Antonov Internasional AN 124-100 mendarat dan lepas landas di Bandara Yogyakarta Internasional Airport ( YIA ), Kulonprogo, Rabu (10/03/2021).

Penerbangan ini merupakan penerbangan ekspor kargo pertama kali menggunakan pesawat Antonov yang merupakan pesawat kargo berbadan terbesar kedua di dunia buatan Ukraina yang mampu mengangkut muatan mencapai 150 ton.

Pesawat Antonov AN124-100 usai lepas landas dari Bandara Sultan Ismail, Johor Bahru, Malaysia dan tiba di Bandara YIA tanpa kendala  pada pukul 09.42 WIB.

Menurut Direktur Utama PT.Angkasa Pura I, Faik Fahmi menerangkan bahwa pesawat ini membawa 62 ton kargo berupa komoditas wire harnes (kabel).

“Pesawat ini berhasil landing pada pukul 09.42 WIB dan take off menuju Columbus, Amerika Serikat pada pukul 16.55 WIB dengan mulus tanpa kendala”, terang Faik Fahmi.

Ini tentunya berdampak baik terhadap pelayanan penerbangan di Bandara YIA ke depan. Lanjut Fahmi, Bandara YIA didukung dengan pavement classification number (tingkat kekerasan) runway, taxiway dan apron yang lebih besar secara spesifikasi sehingga sangat memungkinkan digunakan untuk penerbangan pesawat yang lebih besar seperti Antonov.

” Kami optimis dengan peluang pertumbuhan kargo di bandara ini ke depan. Yogyakarta mempunyai banyak pelaku usaha ekspor yang bisa bekerja sama dalam pemanfaatan fasilitas kargo di bandara ini”, sambung Fahmi.

Sebagai informasi, Bandara YIA memiliki dua terminal kargo yaitu domestik dan internasional dengan luas 3.546 M² dan daya tampung mencapai 390 ton untuk kargo layanan domestik, sementara untuk internasional tersedia dengan keluasan 2.304 M² dengan kapasitas 250 ton.

Kelancaran pelayanan untuk Antonov 124-100 di Bandara YIA tidak lepas dari kesiapan personil pendukung, baik dari sisi udara maupun sisi darat, penanganan proses pemeriksaan kargo, hingga proses labelling scurity, customs check dan penempatan barang kargo di area steril yang dilakukan secara baik dan benar.

” Bandara ini mempunyai peran mendukung kelancaran arus kargo udara di wilayah Yogyakarta dan Jawa bagian selatan karena memiliki terminal kargo yang mempunyai kapasitas lebih besar”, tutup Faik Fahmi.

 

 

(Redaksi)

 

 

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *