Ajak Penyandang Disabilitas Beternak Unggas, Kalurahan Gari Adakan Pelatihan dan Pembinaan Khusus di Balai Kalurahan Gari - Warta Jogja

Ajak Penyandang Disabilitas Beternak Unggas, Kalurahan Gari Adakan Pelatihan dan Pembinaan Khusus di Balai Kalurahan Gari

360 0
Bagikan

WARTA JOGJA || GUNUNGKIDUL — Pemerintahan Kalurahan Gari hari ini melaksanakan program anggaran dana Desa dari bidang pembinaan Masyarakat yang diampu oleh Kamituou, Budi Antoro yaitu Pelatihan dan Pembinaan bagi Disabiltas / Kaum Difabel di Kalurahan Gari. Adapun Pelatihan yang dilaksanakan adalah Pelatihan ternak unggas. Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 20 peserta difabel. (03/10/20)

Lurah Gari Widodo SIP menjelaskan, kenapa dipilih pelatihan ternak unggas, dirasa sangat mudah untuk dilakukan di perkampungan juga bagi warga yang mempunyai kekurangan baik fisik maupun mental. Pihaknya menjelaskan bahwa program ini masih dipertahankan di masa pandemi ini karena sangat penting bagi kaum difabel yang belum tersentuh bantuan dimasa pandemi dalam hal terkhusus penyandang difabel.

” Program ini akan terus dilaksanakan di tahun berikutnya seperti halnya Sumur Bor sebagai program unggulan yang berdampak Positif bagi Masyarakat Kalurahan Gari “, terangnya.

Ternak unggas dalam hal ini mentok sangatlah mudah, makanan yang tidak pilih-pilih juga bisa dikasih dedaunan dan sisa sayuran, terpenting cukup genangan air karena mentok sangat suka dengan genangan air dan kandang terbuka serta sedikit tempat untuk berteduh sudah cukup, mentok mempunyai nilai jual tinggi dan cepat berkembang, imbuh Widodo.

Program ini sebagai program inovatif dari Kamituo Kalurahan Gari , untuk bisa bermanfaat bagi kaum Difabel. karena terbatasnya anggaran maka peserta pelatihan ini belum bisa menghadirkan semua Difabel yang ada di Kalurahan Gari yang jumlahnya ada kurang lebih 50an dan dalam pelatihan ini baru dihadirkan 20 peserta dan setiap peserta mendapatkan sepasang Mentok, dengan harapan bisa berkembang.

Lurah Gari juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga kebersihan, pola makan teratur, memakai masker ketika keluar rumah, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan.

Red ( Wahyudi )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *